Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI)
Vol. 1 No. 2 (2022): Juni: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia

Melaksanakan Pendampingan Bimbingan Belajar Bagi Anak Usia SD Pada Masa Pandemi Covid-19

Made Sri Astika Dewi (Universitas Triatma Mulya)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Di Dalam bidang pendidikan, tidak selamanya Pendidikan itu di sekolah berjalan lancar dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Berbagai upaya untuk mengatasi problematika pendidikan dapat kita lakukan, salah satunya melalui kegiatan pendampingan belajar yang merupakan bagian dari bentuk pengabdian pada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai sarana penyampaian kebermanfaatan ilmu dan rasa kepedulian para dosen terhadap masyarakat dibidang pendidikan dalam bentuk pendampingan belajar melalui kegiatan bimbingan belajar di rumah. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan prestasi akademik dan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini melibatkan siswa SD di Lingkungan Kelurahan Pendem yang berjumlah total 15 siswa, Metode pelaksanaan kegiatan (1) Metode ceramah untuk memberi penjelasan tentang materi matematika yang belum sepenuhnya dipahami anak-anak, (2) Metode tanya jawab dan diskusi, (3) Metode Penugasan untuk melihat sejauh mana pemahaman dan daya serap anak-anak dalam menerima materi. Teknik analisa data secara naratif deskriptif. Hasil kegiatan menunjukkan prestasi dan motivasi belajar siswa mengalami perkembangan yang baik. Perlunya perbaikan fasilitas dalam keberlanjutan pelaksanaan program kegiatan bimbingan belajar sehingga siswa lebih nyaman dalam belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemberdayaan masyarakat atau pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Focus dan Scope ...