Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education

Pengaruh Teknologi dan Literasi terhadap Komunikasi Siswa Sekolah Dasar

Fatmawati Fatmawati (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti)
Yusrizal Yusrizal (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi berkembang dengan begitu pesat sehingga dapat dijadikan sumber literasi bagi siswa yang ingin menambah pengetahuannya. Literasi dapat dijadikan salah satu acuan untuk melihat keterampilan komunikasi siswa sekolah dasar. Keterampilan komunikasi ditunjukan dengan kemampuan memproses informasi, mengintegrasikan pikiran dan ucapan, dan beradaptasi dengan lingkungan. Meskipun demikian, literasi masih menjadi hal yang sulit untuk diterapkan dikalangan siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh teknologi dan literasi terhadap keterampilan komunikasi siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis dengan kajian literatur yang bersifat deskripsi melalui berbagai kajian kepustakaan dalam memperkuat analisis yang didukung dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh teknologi dan literasi terhadap keterampilan komunikasi siswa,teknologi dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan siswa untuk dijadikan sumber literasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...