Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 1 (2022): Journal on Teacher Education

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas III SD Negeri Lengkong

Dhena Rismaya (Universitas PGRI Semarang)
Khusnul Fajriyah (Universitas PGRI Semarang)
Murniati Murniati (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Berdasarkan hasil tes formatif pada pra siklus pada peserta didik kelas III SD Negeri Lengkong menunjukkan hasil belajar yang belum optimal. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangaan Makhluk Hidup dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 SD Negeri Lengkong. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik kelas III pada pembelajaran tematik di SDN Lengkong Kabupaten Pati?”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan test formatif dengan instrument penelitian sesuai aspek yang dinilai. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik deskriptif kuantitatif dan Teknik deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata peserta didik aspek kognitif pada pra siklus sebesar 47%, siklus I 66,6 % dan siklus II 86,6%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...