Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 1 (2022): Journal on Teacher Education

Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan

Martina Siagian (Universitas HKBP Nommensen)
Martha Sihombing (Universitas HKBP Nommensen)
Yeremi A. Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen)
Injen Pardamean Butarbutar (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS peserta didik kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa yang dilakukan sebanyak 3 kali dapat diperoleh dari nilai rata-rata Post-test kelas eksperimen 74,84375 dengan standar deviasi 9,877016 setelah diberikan perlakuan. Dari hasil melalui uji t satu pihak untuk data Post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk ? = 0,05 dan dk = 62 diperoleh = 4,3378 = 1,669, dengan > . Maka ditolak dan sebaliknya diterima. Sehingga berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII, hal tersebut dapat dilihat pada hasil belajar Pretest dan Post-test siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Blended Learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...