Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar mandiri terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Tri Sakti Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan Survey dengan pendekatan kuantitatif. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk komunikasi matematis peserta didik: . Pada persamaan regresi prestasi belajar siswa tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya kedua variabel mempunyai hubungan yang linear yang positif yang setiap kenaikan variabel X satu satuan akan diikuti oleh kenaikan Y sebesar satuan. Karena dalam penelitian ini populasi merupakan jumlah sampel maka untuk hubungan dari pengaruh belajar mandiri terhadapa prestasi belajar ekonomi dilihat pada persamaan regresi. Dari hasil perhitungan hipotesis secara parsial Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Belajar mandiri berpengaruh positif nilai (6.487>1,697) dan nilai signifikan
The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...