Jurnal MEDIA INOVASI Teknik Sipil Unidayan
Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil Unidayan

Persepsi Penggunaan Kapal Cepat Terhadap Kualitas Pelayanan Rute Baubau-Kendari

Nurhayati Nurhayati (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
23 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui persepsi pengguna kapal cepat tentang kualits pelayanan dan bagaimana kesesuian antara harapan atau citra tentang kualitas pelaylanan dengan kenyataan yang dialami oleh pengguna. Metode yang digunakan dengan membagikan kuesioner kepada dan wawancara kepada responden yang berada dilokasi (sampling insidental) selanjutnya data diolah menggunakan SPSS dengan Analisis non-parametrik Wilcoxon Signed-Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan persepsi pengguna kapala cepat terhadap kualitas pelayanan menunjukkan hasil 53,8% pelanggan merasa puas atas kualitas layanan yang diberikan dan 9,4 % merasa sangat puas. Analisis mengenai perbedaan kualitas pelayanan yang diharapkan (citra) dengan kualitas pelayanan yang diterima menunjukkan adanya perbedaan dibeberapa aspek tinjauan. Tetapi sebagian besar menyatakan bahwa antara persepsi atau harapan pengguna sesuai dengan kualitas pelayanan yang dirasakan. Jadi, hasil analisis ini menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian antara kualitas pelayanan yang diharapkan dengan kualitas pelayanan yang terjadi pada kenyataannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sipil

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Materials Science & Nanotechnology Transportation

Description

Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil UNIDAYAN diterbitkan secara berkala setiap 6 (enam) bulan yaitu Mei dan Oktober dan menerima artikel dari berbagai kalangan akademisi, peneliti dan praktisi. Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil UNIDAYAN diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan akan sebuah media untuk ...