Jurnal Kesehatan komunitas Indonesia
Vol 16, No 2 (2020)

KAJIAN KARAKTERISTIK INDIVIDU SEBAGAI FAKTOR RISIKO KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL (STUDI DI PUSKESMAS KARANGANYAR KOTA TASIKMALAYA)

Sri Maywati (Unknown)
Siti Novianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2021

Abstract

Kejadian anemia pada ibu hamil mejadi salah satu hal yang harus diperhatikanmengingat dampak gangguan kesehatan dapat terjadi pada ibu maupun janin.Beberapa faktor risiko dapat berasal dari kondisi internal ibu meliputi usia,pendidikan, pengetahuan dan status gizi ibu. Tujuan penelitan ini untukmenganalisis hubungan faktor karakteristik individu dengan kejadian anemia pada ibu hamil. Metode penelitian menggunakan pendekatan cross sectional dengan sampel seayak 115 ibu hamil yang telah memenuhi syarat. Analisis datamenggunakan uji chi square pada taraf signifikansi dengan alpha 0,05. Hasilpenelitian menunjukkan sebanyak 54,8% ibu hamil mengalami anemia dengankadar Hb kurang dari 11 gr/dl. Analisis bivariat terhadap kejadian anemiamenunjukkan ada hubungan signifikan untuk variabel pengetahuan ibu (p alpha dan OR 3,31), faktor usia (p alpha dan OR 2,814). Sedangkan faktor pendidikan dan status gizi ibu tidak terdapat hubungan. Simpulan menunjukkan karakteristik individu yang berhubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil di wilayah puskesmas Karanganyar adalah pengetahuan dan usia ibu. Disarankan agar ibu hamil meningkatkan pengetahuan mengenai anemia agar terhindar dari anemia saat hamil.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkki

Publisher

Subject

Education Health Professions Public Health

Description

Ruang lingkup Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia meliputi : 1. Administrasi dan Kebijakan kesehatan 2. Promosi kesehatan berkaitan dengan perilaku kesehatan 3. Epidemiologi kesehatan .. 4. Kesehatan lingkungan .... 5. Kesehatan dan keselamatan kerja .. 6. Gizi kesehatan masyarakat .. 7. Kesehatan ...