Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa : Journal Pendidikan, Sosial dan Humaniora
Vol. 2 No. 2 (2022): Agustus KAPASA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA KELAS VIII A SMPN 1 BANGKALA BARAT: EFFORTS TO IMPROVE PASSING LEARNING OUTCOMES THROUGH THE STAD TIPE COOPERATIF LEARNING METHOD IN FOODBAL GAMES FOR CLAS VIII A STUDENTS OF SMPN 1 BANGKALA BARAT

Suhendri (Unknown)
Muhamaad Janwar (Unknown)
Agus Ismail (Unknown)
Awaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing melalui metode pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dalam Permainan Sepak Bola Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Bangkala Barat Tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian dengan Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan Siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Bangkala Barat yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dalam Permainan Sepak Bola Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Bangkala Barat. Hasil data yang diperoleh dari data siklus I 71,8 dan persentase ketuntasan belajar siswa 50% dengan jumlah ketuntasan belajar 10 siswa, kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,4 dengan persentase belajar 90.0% dengan jumlah ketuntasan 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar passing melalui metode pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dalam Permainan Sepak Bola Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Bangkala Barat. The purpose of this study was to improve learning outcomes through the Stad Tipe Cooperative learning method in Foodball Game for Clas VIII A Students of SMPN 1 Bangkala Barat Academic Year 2020/2021. This research is a Classroom Action Research (CAR). This research was conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, action, observation, and cycle. The subjects in this study were student of class VIII A of SMPN 1 Bangkala Barat, as many as 20 student. Data collection techniques are tests and documentation. Data analysis using qualitative analysis techniques. The results of the data obtained from the frist cycle data are 71.8 and the percentage of student learning completeness is 50% with the number of learning mastery as 10 student, then increased in the second cycle with an average value of 84.4 with a learningpersentage of 90.0% with the number of completenesss as many as 18 student. Based on the results of this study, it can be concluded that there is an increase in passing learning outcomets through the Stad Tipe Cooperative learning methoot in Football Games for Class VIII A student of SMPN 1 Bangkala Barat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kapasa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

KAPASA adalah singkatan dari Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa disingkat “Kapasa” merupakan Jurnal Publikasi Ilmiah berkala dengan pendekatan Interdisipliner bidang ilmu yaitu Pendidikan , Sosial dan Humaniora. Sub-sub ketiga bidang ilmu tersebut meliputi pendidikan dalam Program Studi ...