cover
Contact Name
Deddy Yusuf
Contact Email
kapasa.journal@gmail.com
Phone
+6285342010331
Journal Mail Official
kapasa.journal@gmail.com
Editorial Address
Kampus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Megarezky Jl. Antang Raya No. 43 Makassar Sulawesi Selatan Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora
Published by Universitas Megarezky
ISSN : 28090934     EISSN : 28089731     DOI : 10.37289
KAPASA adalah singkatan dari Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa disingkat “Kapasa” merupakan Jurnal Publikasi Ilmiah berkala dengan pendekatan Interdisipliner bidang ilmu yaitu Pendidikan , Sosial dan Humaniora. Sub-sub ketiga bidang ilmu tersebut meliputi pendidikan dalam Program Studi Keguruan , Ilmu Pendidikan murni, bidang ilmu pendidikan ilmu sosial serta bidang ilmu pendidikan bahasa, budaya dan seni. Jurnal Kapasa diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Megarezky . Jurnal Kapasa menerbirtkan karya ilmiah hasil pemikiran Kajian Pustaka , Penelitian, dan Literature Review dari kumpulan artikel ilmiah. Kehadiran Jurnal Kapasa diharapkan dapat memantik semangat para dosen, peneliti, mahasiswa dan praktisi mendesiminasikan hasil penelitian dan pemikirannya serta pengalaman ilmiah lainnya. Jurnal Kapasa terbit dengan volume tiga kali setahun yaitu bulan April, Agustus dan Desember. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora adalah untuk menerbitkan jurnal yang berisi artikel berkualitas yang akan dapat menyumbangkan pemikiran dari perspektif teoritis dan empiris untuk kemajuan teknologi dan pendidikan. Tulisan-tulisan di KAPASA akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pemikiran kritis dalam bidang ilmiah secara umum, khususnya di bidang Ilmu Pendidikan, Sosial dan Humaniora. Lingkup bidang yang terkandung dalam KAPASA mencakup bidang-bidang berikut: 1. Ilmu pendidikan; 2. Pendidikan sosial; 3. Posiologi; 4. Kewarganegaraan; 5. Politik; 6. Ekonomi; 7. Eejarah; 8. Hukum; 9. Budaya dan masyarakat; 10. Multikulturalisme; 11. dan bidang terkait lainnya. Artikel yang diterbitkan tentang hasil penelitian dan tinjauan pustaka dengan metodologi penelitian yang dapat diterima, studi kualitatif, studi kuantitatif, atau kombinasi keduanya, analisis statistik, studi kasus, penelitian lapangan, dan studi sejarah. KAPASA menerima manuskrip dari berbagai kalangan terkait, seperti peneliti yang relevan, dosen, profesor, mahasiswa, guru, Praktisi, ilmuwan, dan lainnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 50 Documents
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN BOLBUM PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMA NEGERI 2 BONE Risal Gunawan; Suhardianto Suhardianto; Muh Hidayat Cakrawijaya
Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2021): Desember KAPASA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MEGAREZKY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.365 KB) | DOI: 10.37289/kapasa.v1i1.46

Abstract

This study aims to improve the learning outcomes of foot passing in soccer through a ball game approach to class XI students of SMA Negeri 2 Bone.This type of research, namely Classroom Action Research (CAR), was carried out in two cycles where each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research were students of class XI IPA II SMA Negeri 2 Bone totaling 35 students where there were 14 male students and 21 female students. Data collection techniques used are tests, documentation, and observation.The results of the research show that the ball game approach can improve the learning outcomes of playing the part of the foot in soccer for students of class XI IPA II SMA Negeri 2 Bone. This can be seen from the increase in the percentage of student learning outcomes from cycle I to cycle II, with an average value of 76.48% in cycle I and 79.12% in cycle II.
THE EFFECTIVENESS OF USING MIND MAPPING TECHNIQUE IN TEACHING RECOUNT TEXT TO INCREASE THE STUDENTS’ WRITING ABILITY : THE EFFECTIVENESS OF USING MIND MAPPING TECHNIQUE IN TEACHING RECOUNT TEXT TO INCREASE THE STUDENTS’ WRITING ABILITY Muhammad Yahrif
Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2021): Desember KAPASA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MEGAREZKY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.395 KB) | DOI: 10.37289/kapasa.v1i1.58

Abstract

The objective of this study is to find out the effectiveness of using the mind mapping technique in teaching recount text to increase the students’ writing ability. This research is quasi-experimental as the design that used two group pretest and posttest. It means that there were an experimental class and a controlled class which were given pretest and posttest. There were 37 students of class X of SMAN 12 Makassar as the sample in this study. The instrument of this research was a written test, to score the students’ recount text on pretest and posttest. The result of this research showed that there was a positive effect of the result of students' recount text after using the mind mapping technique. Based on the result of the calculation process the researcher gained that in pretest had a mean of 61,24 and the posttest had a mean of 81.03 of experimental class. Based on the finding of this study, it can be concluded that using mind mapping in teaching recount text is quite a success. And after conducting the research and calculating the data, It could be stated that it was effective of using mind mapping on students' writing of recount text. Students' writing of recount text got a higher score.
SURVEI MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 12 MAKASSAR: SURVEY OF STUDENT'S INTEREST IN EDUCATIONAL PHYSICAL SPORT AND HEALTH LEARNING IN CLASS XI STUDENTS AT SMA NEGERI 12 MAKASSAR Mahi Andini; Muhammad Janwar; Muhammad Hidayat Cakrawijaya
Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2021): Desember KAPASA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MEGAREZKY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (656.123 KB) | DOI: 10.37289/kapasa.v1i1.61

Abstract

This study aims to knaw the student's interest in physical education, sports and health learning for class XI students at SMA Negeri 12 Makassar: This study used a quantitative descriptive research design with using the survey method. The variable used a single variable. The number of population was students of at SMA Negeri 12 Makassar. The sampling technique used Purposive Sampling. The number of Sample was 111 students at class XI students at SMA Negeri 12 Makassar. This study used instrument in online questionnaire, through google form consisting of 40 statements. Data analysis techniques used quantitative descriptive and percentage data. Based on descriptive data, the results of the study show that the students' interest shows that a high category with good results obtained in physical education, sports and health learning in class XI of SMA Negeri 12 Makassar. The results of data analysis where the high category by considering the highest frequency in the high category with a frequency of 43 (38.7%). Student interest in learning physical education was very high category with a frequency of 0 (0%), the high-frequency category was 43 (38.7%), the category medium frequency 38 (34.2%), low category 23 (20.7%), very iow category 7 (6.3%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Makassar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Variabel yang digunakan yaitu variabel tunggal. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 12 Makassar. Teknik mengambil sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Makassar berjumlah 111 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket Online, melalui google form yang terdiri dari 40 pernyataan. Menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan data persentase. Berdasarkan deskriptif data hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Makassar adalah menunjukkan kategori tinggi dengan hasil yang diperoleh. Hasil analisis data di mana kategori tinggi dengan pertimbangan frekuensi terbanyak pada kategori tinggi dengan frekuensi 43 dan persentase 38.7%. Minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Makassar yang kategori sangat tinggi frekuensi 0 dan persentase 0%, kategori tinggi frekuensi 43 dan presentase 38,7%, kategori sedang frekuensi 38 dan persentase 34,2%, kategori rendah 23 dan persentase 20,7%, kategori sangat rendah 7 dan persentase 6,3%.
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SELAMA COVID-19 DI UNIVERSITAS BOSOWA : STUDENT’S PERCEPTION AT LEARNING PROCESS DURING COVID-19 IN BOSOWA UNIVERSITY Rasyidah Zainuddin; Muhammad Masdar; Andi Burchanuddin
Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2021): Desember KAPASA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MEGAREZKY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.592 KB) | DOI: 10.37289/kapasa.v1i1.62

Abstract

This study aims to describe (1) the implementation of sociology learning at the Sociology Study Program at Bosowa University, (2) students' perceptions of sociology learning at the Sociology Study Program at Bosowa University Makassar. This study uses a quantitative descriptive method with a survey approach to all 100 students of the sociology study program. The number of this population as well as the research sample. Data collection techniques used research instruments with a five-scale Likert scale, and literature study. Data analysis technique used frequency tabulation with percentage technique. The results of the study found: (1) The implementation of learning during the COVID-19 pandemic was categorized as 'Good' with a score of 245, sometimes 50, Bad 49. (2) Respondents' perceptions of the implementation of learning during the COVID-19 pandemic were categorized as 'Good' (Score 322). , Average (Score 44), Bad (Score 9). The conclusion of the study is that students' perceptions of learning during the Covid-19 Pandemic at the University of Bosowa are categorized as 'Good'. The recommendation of this research is the need for teachers to innovate learning in the post-pandemic era in order to keep up with the times. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan (1) implementasi pembelajaran sosiologi di Program studi sosiologi Universitas Bosowa, (2) persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran sosiologi di program studi sosiologi Universitas Bosowa Makassar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan suvei terhadap semua jumlah mahasiswa program studi sosiologi sebanyak 100 orang. Jumlah populasi ini sekaligus juga sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data mempergunakan instrumen penelitian dengan Skala Likert lima skala, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan tabulasi frekuensi dengan teknik persentase. Hasil penelitian menemukan : (1) Implementasi pembelajaran selama pandemi covid-19 terkategori ‘Baik’ dengan nilai 245, kadang-kadang 50, Buruk 49. (2) Persepsi responden terhadap implementasi pembelajaran selama pandemi covid-19 terkategori ‘Baik’ (Nilai 322), Biasa (Nilai 44), Buruk (Nilai 9). Kesimpulan penelitian adalah persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran selama Pandemi Covid-19 di Universitas Bosowa terkategori ‘Baik’. Rekomendasi penelitian ini adalah perlunya para guru melakukan inovasi pembelajaran di era post-pandemi agar dapat mengikuti perkembangan zaman.
SURVEI MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 TORAJA UTARA: THE SURVEY OF STUDENT’ LEARNING MOTIVATION IN LEARNING SPORTS PHYSICAL EDUCATION AND HEALTH FOR CLASS XI STUDENTS OF SMA NEGERI 4 NORTH TORAJA Frisillia Bannebua; Suhardianto Suhardianto; Agus Ismail; Irfan
Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2021): Desember KAPASA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MEGAREZKY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.022 KB) | DOI: 10.37289/kapasa.v1i1.63

Abstract

This research was quantitative descriptive. The research method was a survey method. The subjects of this research were some of the students of class XI at SMA Negeri 4 Toraja. The sample were 35 students. The instrument used a questionnaire. The analysis technique used pouring frequency into percentage. The result of this research showed that students’ learning motivation in learning sports physical education and health for class XI students of SMA Negeri 4 Toraja the medium category with consideration of the highest frequency was in the medium category based on the respondents’ answer scores at intervals 0f 95-106, namely 20 students with a percentage (57%). While the other frequency distributions were in learning sport physical education and health for classXI SMA Negeri 4 North Toraja. Very poor category was 1 person with a percentage (2,86%), less category was a many as many 5 people (14,3%), moderate category was as many as 20 people (57,1%), good category was as many as 7 people ((20%), and very good category was as many as 2 people (5,7%) Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Subjek penelitian ini adalah sebagian siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Toraja Utara sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang digunakan adalah menuangkan frekuensi kedalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada SMA Negeri 4 Toraja Utara adalah berkategori sedang dengan pertimbangan frekuensi terbanyak berada pada kategori sedang berdasarkan skor jawaban responden pada interval 95-106 yaitu 20 siswa dengan persentase (57%). Sedangkan destribusi frekuensi yang lain dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas XI SMA Negeri 4 Toraja Utara, berkategori sangat kurang sekali 1 orang dengan persentase (2,86%) kategori kurang sebanyak 5 orang (14,3%), kategori sedang sebanyak 20 orang (57,1%), kategori baik sebanyak 7 orang (20%), baik sekali dengan sebanyak 2 orang (5,7%).
POLA ADAPTASI SOSIAL GURU PADA PEMBELAJARAN VIRTUAL MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 19 KOTA MAKASSAR: SOCIAL ADAPTATION PATTERNS OF TEACHERS IN VIRTUAL LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN SMA NEGERI 19 MAKASSAR CITY Etria Tika Tinur; Abdul Malik Iskandar; Arefenti Amir
Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2021): Desember KAPASA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MEGAREZKY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.888 KB) | DOI: 10.37289/kapasa.v1i1.64

Abstract

The purpose of this study was to determine the process of social adaptation of teachers during the COVID-19 pandemic, patterns of teacher social adaptation, and the factors that influence the pattern of social adaptation of teachers in virtual learning during the COVID-19 pandemic at SMA Negeri 19 Makassar City. Using a descriptive qualitative approach with principal informants as key informants, teachers, students and parents of students. Data collection techniques used are observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis techniques consist of data reduction, display data and drawing conclusions. The results of the research and discussion show that the pattern of teacher social adaptation in virtual learning during the COVID-19 pandemic at SMA Negeri 19 Makassar City, including the Covid-19 pandemic, is a condition or situation that forces teachers and students to enter virtual learning. The patterns formed include cultivating a disciplined attitude, respecting time and having a sense of responsibility in carrying out tasks. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Proses adaptasi sosial guru pada masa pandemi covid-19, pola adaptasi sosial guru, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pola adaptasi sosial guru pada pembelajaran virtual masa pandemi covid-19 Di SMA Negeri 19 Kota Makassar. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan informan kepala sekolah sebagai informan kunci, guru-guru, peserta didik dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan bahwa pola adaptasi sosial guru pada pembelajaran virtual masa pandemi covid-19 Di SMA Negeri 19 Kota Makassar diantaranya pandemi covid-19 adalah suatu kondisi atau keadaan yang memaksa guru maupun peserta didik untuk memasuki pembelajaran secara virtual. Pola yang terbentuk diantaranya yaitu menumbuhkan sikap disiplin, menghargai waktu dan mempunya rasa tanggung jawab dalam menjalankan tugas.
PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA DIALOG CERITA ANAK SISWA KELAS V SDN NO. 78 PAO KECAMATAN TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO: THE INFLUENCE OF SOCIODRAMA METHOD ON SPEAKING ABILITY IN STORY DIALOGUE OF CHILDREN IN CLASS V SDN NO. 78 PAO, TAOWANG DISTRICT JENEPONTO DISTRICT Abdul Malik Iskandar; Waddi Fatima; Alfiani
Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2021): Desember KAPASA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MEGAREZKY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.953 KB) | DOI: 10.37289/kapasa.v1i1.65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuanberbicara pada dialog cerita anak siswa kelas V SDN NO 78 Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk desain pre exsperimental designs dengan bentuk one group pretest-postest Design. Sampel dalam penelitian iniadalah siswa kelas V SDN NO 78 Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto sebanyak 24 siswa dan teknik pengambilan sampel dilakukan teknik sampling jenuh.Instrumen penelitian yang di gunakan yaitu tes kemampuan berbicara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang digunakan untuk uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan hasil analisis data kemampuan berbicara berpengaruh terhadap dialog cerita anak. Berdasarkan hasil analisis data independent sampel test sig (2. Tailed), diperoleh nilai sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh kemampuan berbicara maka Ho di tolak dan H1 diterima, simpulannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara pada dialog cerita anak Kelas V Khususnya di SDN 78 Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. This study aims to determine the effect of the sociodrama method on speaking skills in story dialogues for fifth grade students at SDN NO 78 Pao, Tarowang District, Jeneponto Regency. This type of research is an experimental design in the form of pre-experimental designs in the form of one group pretest-posttest design. The sample in this study was the fifth grade students of SDN NO 78 Pao, Tarowang District, Jeneponto Regency as many as 24 students and the sampling technique was saturated sampling technique. The research instrument used was speaking ability test, observation and documentation. The data analysis technique used was descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis used to test the hypothesis. The results showed that the teacher's ability to manage learning based on the results of data analysis of speaking skills had an effect on children's story dialogue. Based on the results of the independent data analysis sample test sig (2. Tailed), obtained a value of 0.000 which is smaller than the significance level of 0.05 which means that there is an influence on speaking ability, then Ho is rejected and H1 is accepted. speaking in the dialogues of children's stories for Class V, especially at SDN 78 Pao, Tarowang District, Jeneponto Regency.
HUBUNGAN ANTARA MOTOR EDUCABILITY TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 LAROMPONG: THE RELATIONSHIP BETWEEN MOTOR EDUCABILITY TOWARDS UNDER SERVICE ABILITY IN VOLLEYBALL AT GREADE VIII STUDENTS OF SMP NEGERI 4 LAROMPONG Arlioni; Aminuddin; Awaluddin; Suhardianto Suhardianto
Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2021): Desember KAPASA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MEGAREZKY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.277 KB) | DOI: 10.37289/kapasa.v1i1.67

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motor edducability terhadap kemampuan servis bawah bola voli siswa kelas VIII Smp negeri 4 Larompong.Jenis penelitian ini yaitu korelasional (korelasi). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswaa kelas VIII SMP Negeri 4 Larompong dengan jumlah 15 orang siswa dimana siswa laki-laki berjumlah 8 orang dan jumlah perempuan yaitu 7 orang siswa.Teknik yang digunakan adalah total sampling dengan seluruh jumlah sampel. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel (1) variabel indevenden yakni motor educability (2) variabel dependent yakni kemampuan servis bawah bola voli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes iowa-brece dan tes kemampuan servis bawah bola voli. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS (statistical package for the social science) versi 22 analisis korelasi data, maka di dapatkan nilai sig (2- tailed) sebesar (0.00 < 0.05), yang berarti terdapat korelasi signifikan antara motor educability terhadap kemampuan servis bawah bola voli sebesar 0.002. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motor educability terhadap kemampuan servis bawah bola voli tingkat motor educability yang tinggi siswa akan lebih mudah menguasai teknik servis dengan efektif dan efsien. Kata Kunci : Motor educability, kemampuan servis bawah, bola voli THE RELATIONSHIP BETWEEN MOTOR EDUCABILITY TOWARDS UNDER SERVICE ABILITY IN VOLLEYBALL AT GREADE VIII STUDENTS OF SMP NEGERI 4 LAROMPONG ABSTRACT This study aims to determine the relationship between motor educability and the ability to serve under volleyball for students of class VIII SMP Negeri 4 Larompong. This type of research used correlational. Population and sampel in this study were 15 students in class VIII of SMP Negeri 4 Larompong. The number of students were 8 male students and 7 female students. The technique of research used total sampling with the entire number of sample. The research variables consist of two variables (1) independent variable was motor educability (2) the dependent variable was the ability to serve under volleyball. Data collection technique used the iowa-brece test and the under service ability test in volleyball. Based on the results of calculations using SPSS (statistical package for/1the social science) 22 version. Data correlation analysis, then the value of sig (2-tailed) was abtained of (0.000 < 0.05), which means that there is a significant correlation between motor educability toward the ability to under service in volleyball of 0.002. it can be cancluded that there is relationship between motor educability and under service in volleyball. Thus the level of motor educability is high, volleyball players can learn these basic techniques to be effective and effecient. Keywords; motor educability, under service ability, vollyball
PENGARUH PEMBELAJARAN HOME VISIT METHOD TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V DI SD INPRES BORONG JAMBU II KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR: EFFECT OF HOME VISIT METHOD LEARNING ON CIVICS LEARNING OUTCOMES FOR CLAS V SD INPRES BORONG JAMBU II, MANGGALA DISTRICT, MAKASSAR CITY Imma; Abdul Malik Iskandar; R. Supardi; Asia
Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 2 No. 1 (2022): April KAPASA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MEGAREZKY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.169 KB) | DOI: 10.37289/kapasa.v2i1.111

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Home Visit Method terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini digolongkan kedalam penelitian eksprimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar dengan menggunakan pretest dan posttest. Sampel penelitian ini adalah 26 siswa dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, nilai rata-rta pretest adalah 51,15 dan nilai rata-rata posttest adalah 82,50. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas 200 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil homogenitas 0,713 > 0,05 (homogen), hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000, dengan kreteria sig (0,000) < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Pembelajaran Home Visit method terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V di SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar This study aimed to determine the effect of Home Visit Method Learning on Civics Learning outcomes for Clas V SD Inpres Borong Jambu II, Manggala District, Makassar City. This research was classified into experimental research using aquantitative approach. This research was conducted at SD Inpres Borong Jambu II, Manggala District, Makassar City, pretest and posttest. The sample of this research was 26 students with a sample random sampling technique. The study results used descriptive statistical analysis, the average value of the pretest was 51.15, and the average value of the posttest was 82.50. inferential statistical analysis, normality test results 200 > 0,05 (normality distributed), homogeneity results 0.713 > 0.05 (homogeneous), hypothesis test results show sig value 0.000, with criteria sig (0.000), < 0.05. The conclusion in the study shows that there is an effect of Home Visit Method learning on Civics Learning Outcomes for Class V students at SD Inpres Borong Jambu II, Manggala District, Makassar City
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA DALAM PEMBELAJARAN PJOK MELALUI MODEL SIRKUIT PADA SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH MANDALLE KAB GOWA: MPROVING FOOTBALL LEARNING OUTCOMES IN PJOK LEARNING THROUGH CIRCUIT MODEL IN STUDENTS OF CLASS VIII MTS MUHAMMADIYAH MANDALLE KAB GOWA Alfi Farid; Ferawati; Kurnia Rusli; Aminuddin
Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 2 No. 1 (2022): April KAPASA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MEGAREZKY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.556 KB) | DOI: 10.37289/kapasa.v2i1.112

Abstract

ABSTRAK Meningkatkan Hasil Belajar Sepak Bola Dalam Pembelajaran Penjas Melalui Model Sirkuit Pada Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Mandalle Kab Gowa. Dibimbing oleh Ferawati dan Kurnia Rusli.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar menahan, menendang dan menggiring bola pada permainan sepak bola melalui model sirkuit pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Mandalle Kab Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus yang dilakukan selama 6 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Mandalle Kab Gowa yang berjumlah 30 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model sirkuit dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar menahan, menendang dan menggiring bola dalam pembelajaran sepak bola pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Mandalle Kab Gowa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar di siklus 1 dan siklus 2 meningkat, dengan persentase ketuntasan 50% pada siklus 1 dan presentase ketuntasan 97% pada siklus 2. Improving Football Learning Outcomes In Tailor Learning Through Circuit Model In Students Of Class VIII MTs Muhammadiyah Mandalle Kab Gowa. Guided by Ferawati and Kurnia Rusli. This research aims to improve the learning outcomes of basic techniques of holding, kicking and dribbling on football games through circuit models in students of class VIII MTs Muhammadiyah Mandalle Kab Gowa. This study is a class-action study where in this study used 2 cycles conducted during 6 meetings. The subjects in this study were students of class VIII MTs Muhammadiyah Mandalle Kab Gowa which amounted to 30 students. The techniques used in data collection are tests, observations and documentation. Based on the results of the study showed that through the circuit model can improve the learning outcomes of basic techniques of holding, kicking and dribbling in football learning in students of class VIII MTs Muhammadiyah Mandalle Kab Gowa. This can be seen from the percentage completion of learning outcomes in cycle 1 and cycle 2 increased, with a 50% completion percentage in cycle 1 and a 97% completion percentage in cycle 2.