Education, Language, and Culture Journal
Vol 1 No 1 (2021): December (EDULEC)

Mengimplementasikan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 13 Makassar

Monika Wattimena (Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor guru sosiologi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA Negeri 13 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif adalah penelitian yang datanya berupa kata, tertulis, uraian dari responden. Lokasi penelitian di SMAN 13 Makassar, terletak di Jl. Tamangapa  Raya III No. 37 Makassar. Informan Penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling adalah (a) Informan utama yaitu guru sosiologi 2 orang (kelas X. XI. XII) (b) Informan Pendukung yaitu  kepala sekolah (1 orang) dan siswa kelas X, XI, XII SMAN 13 Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif dapat dilakukan dengan menggunakan teknik kondisi yang alami, sumber data primer, dan lebih banyak  pada teknik observasi berperan serta, wawancara mendalam dan dokumentasi (M Djunaidi Ghony dkk, 2017:164). Teknik analisis data yaitu Penggunaan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor guru sosiologi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA Negeri 13 Makassar meliputi guru sebagai teladan, guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai inspirator, guru sebagai motivator, guru sebagai dinamisator, dan guru sebagai evaluator. Dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA Negeri 13 Makassar terdapat faktor- faktor pendukung dan faktor penghambat adalah (1) Faktor Pendukung terdiri dari (a) Kerja sama yang baik antara guru, Bimbingan Konseling dan Orang Tua Siswa. (b) Lengkapnya fasilitas sekolah. (c) Adanya kerja sama yang baik antara pihak sekolah dan masyarakat. (d) Kemajuan teknologi. Sedangkan (2) Faktor penghambat terdiri dari (a) Pengaruh penyebaran covid-19 dan (b) Perkembangan IPTEK.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edulecj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Welcome to the official EDULEC JOURNAL: Education, Language, and Culture website. As part of the spirit of disseminating Education, Language and Culture. EDULEC JOURNAL: Education, Language, Culture is a Journal which is a reference source for academics and practitioners in the field of education, ...