Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor guru sosiologi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA Negeri 13 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif adalah penelitian yang datanya berupa kata, tertulis, uraian dari responden. Lokasi penelitian di SMAN 13 Makassar, terletak di Jl. Tamangapa Raya III No. 37 Makassar. Informan Penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling adalah (a) Informan utama yaitu guru sosiologi 2 orang (kelas X. XI. XII) (b) Informan Pendukung yaitu kepala sekolah (1 orang) dan siswa kelas X, XI, XII SMAN 13 Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif dapat dilakukan dengan menggunakan teknik kondisi yang alami, sumber data primer, dan lebih banyak pada teknik observasi berperan serta, wawancara mendalam dan dokumentasi (M Djunaidi Ghony dkk, 2017:164). Teknik analisis data yaitu Penggunaan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor guru sosiologi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA Negeri 13 Makassar meliputi guru sebagai teladan, guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai inspirator, guru sebagai motivator, guru sebagai dinamisator, dan guru sebagai evaluator. Dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA Negeri 13 Makassar terdapat faktor- faktor pendukung dan faktor penghambat adalah (1) Faktor Pendukung terdiri dari (a) Kerja sama yang baik antara guru, Bimbingan Konseling dan Orang Tua Siswa. (b) Lengkapnya fasilitas sekolah. (c) Adanya kerja sama yang baik antara pihak sekolah dan masyarakat. (d) Kemajuan teknologi. Sedangkan (2) Faktor penghambat terdiri dari (a) Pengaruh penyebaran covid-19 dan (b) Perkembangan IPTEK.
Copyrights © 2021