Seling: Journal of PGRA Study Program
Vol 8 No 2 (2022): Juli 2022

Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan Sekolah pada Kegiatan Pembelajaran Luar Kelas dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Denok Dwi Anggraini (Institut Agama Islam Negeri Madura)
Norma Gupita (Universitas Islam Madura)
Dwi Putera Kusuma (Universitas Negeri Surabaya)
Ratna Nila Puspitasari (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah memaparkan langkah yang dapat dilakukan oleh guru PAUD pada saat mengoptimalisasikan pemanfaatan lingkungan sekolah dalam kegiatan pembelajaran luar kelas. Melalui optimalisasi pemanfaatan lingkungan sekolah yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran luar kelas akan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang tidak mampu dicapai pada pembelajaran di dalam kelas. Kegiatan pembelajaran luar kelas mampu mengembangkan enam aspek perkembangan anak dan mampu menjadikan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di PAUD lebih bermakna bagi anak. Metode yang diguanakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan analisisnya secara deskriptif terakait optimalisasi pemanfaatan lingkungan sekolah pada pembelajaran luar kelas di Sekolah Alam Excellentia (SAE). Temuan dalam penelitian ialah penjabaran secara jelas bagaimana langkah yang dapat dilakukan oleh guru dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dalam pembelajaran luar kelas agar dapat secara maksimal mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak. Selain itu, temuan dalam penelitian ini adalah bagaimana guru mampu berinovasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan dapat memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar bagi anak.

Copyrights © 2022