Pareto : Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Vol 1 No 1 (2016): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis

ERASMA F. ZALOGO PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI CV. NURLIM TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN

admin admin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2020

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komunikasi berpengaruh terhadap perilaku konsumen di CV. Nurlim Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif yakni bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dari masing-masing variabel. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang berjumlah 300 dengan menggunakan sampel random yang berjumlah 38 orang pelanggan di CV. Nurlim Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner tertutup dengan menyebarkan daftar pernyataan kepada responden. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan metode analisis data regresi linear sederhana. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel komunikasi (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel perilaku konsumen (Y), dengan nilai thitung (10,688) > ttabel (1,686) dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka komunikasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikansi terhadap perilaku konsumen di CV. Nurlim Telukdalam Kabupaten Nias Selatan dan hasil koefisien korelasi dinyatakan bahwa pengaruh antara Komunikasi terhadap Perilaku konsumen diperoleh 0,760 atau 76%. Artinya 76% variabel komunikasi menjelaskan variabel perilaku konsumen di CV. Nurlim Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Adapun yang menjadi saran penulis dalam peneltian ini adalah sebaiknya untuk menarik daya tarik pelanggan atau konsumen, dengan cara memberi pelayanan dan komunikasi yang efektif terhadap setiap pembeli.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pareto

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal PARETO (Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen) adalah jurnal peer-review. Jurnal PARETO (Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen) menyediakan forum khusus untuk publikasi penelitian di bidang ekonomi keuangan dan teori perusahaan, menempatkan penekanan utama pada kontribusi analitis, empiris, dan ...