Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra)
Vol. 7 No. 3 (2022): JURNAL BASTRA EDISI JULI-SEPTEMBER 2022

KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI CERITA FABEL KURA-KURA DAN MONYET SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MENUI

Irfan (Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara)
La Yani (Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara)
Fahruddin Hanafi (Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi informasi fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Menui. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 60 orang responden siswa kelas VII SMP Negeri 1 Menuii, terdapat 36 orang siswa (60%) masuk kategori mampu secara individual dalam mengidentifikasi informasi tentang fabel, dan sebanyak 24 orang siswa (40%) masuk kategori tidak mampu dalam mengidentifikasi informasi tentang fabel. Secara klasikal dapat dikatakan bahwa kemampuan mengidentifikasi informasi tentang fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Menui masuk kategori tidak mampu secara klasikal. Dikatakan demikian karena kemampuan siswa hanya mencapai 60% dan belummencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Jika dilihat dari setiap aspek penilaian kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Menui dalam mengidentifikasi informasi tentang fabel dapat disimpulkan bahwa dari 16 aspek penilaian yang menjadi aspek penilaian yaituaspek tema, latar tempat, latar waktu, latar suasana, tokoh, watak tokoh, konflik, amanat, pencitraan/sudut pandang, tujuan, alur, kata kerja, kata ganti, kata konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung. Hanya aspek latar tempat dan tokoh yang memiliki ketuntasan kalasikal yaitu 85% dan90% selibihnya tidak mencapai riteria ketuntasan klasikal yaitu 85%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOURNAL BASTRA (Language and Literature) is a publicly accessible journal published by the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Halu Oleo University. This journal is published four times a year, every January, April, July, and ...