Model pembelajaran numbered heads together (NHT) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menjadi salah satu alternatif untuk guru memberikan pembelajaran yang lebih bervariasi kepada siswa di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengimplementasikan dan melihat dampak model numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar yang siswa peroleh. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 9 Rangkang, Kecamatan Bengkayang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V denganĀ jumlah 35 siswa pada kelas eksperimen dan 34 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Uji kualitas instrumen yang dilakukan adalah validitas instrumen, reliabilitas instrumen, tingkat kesukaran butir soal dan daya beda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Implementasi model NHT pada siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 9 Rangkang memberikan dampak positif terhadap siswa sehingga menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; 2) Model pembelajaran NHT memiliki dampak paling tinggi pada pembelajaran siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata post-test model pembelajaran NHT siswa mendapat perolehan nilai yang tinggi yakni sebesar 85,61, jika dibandingkan dengan nilai post-test model pembelajaran konvensional yakni 70,06.
Copyrights © 2022