cover
Contact Name
A. Wilda Indra Nanna
Contact Email
wildaindrananna@borneo.ac.id
Phone
+6281253670923
Journal Mail Official
judikdasborneo@gmail.com
Editorial Address
Jl.Amal Lama Nomor 1, Kelurahan Amal Lama Kota Tarakan Kalimantan Utara
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo)
ISSN : 26859645     EISSN : 27214257     DOI : https://doi.org/10.35334
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (Judikdas Borneo) adalah jurnal yang dikelola oleh jurusan PGSD Universitas Borneo Tarakan sejak Tahun 2019. Judikdas Borneo terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Februari dan Agustus. Focus dan Scope jurnal ini adalah penelitian, pengabdian maupun hasil pemikiran terkait pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar, teori dan praktik pelaksanaan pendidikan, pembelajaran maupun pengelolaan di sekolah dasar.
Articles 41 Documents
PENGENALAN PEMBELAJARAN BERBASIS ISU TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOSIAL SAINS DAN SIKAP SOSIAL SISWA SDN 016 TARAKAN Mahatir Muhammad; Amrin Amrin; Irlosiana Lencau; Fitri Lestari; Afif Sa'diyah; Fadhlan Muchlas Abrori
Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo) Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.049 KB) | DOI: 10.35334/judikdas borneo.v1i2.1262

Abstract

Abstract: Learning in the classroom especially in Elementary School is lack in recognition of issues, so the students are not mastery problemsolving skill. Based in this, It need to introduce student about issueorientedlearning with socioscientific issues to know the effect thislearning to problem solving skill and social attitude. This research usedquantitative approach, pre-experimental reseach, one group pretestposttestdesign. The results of the implementation of this learning wasgood, and the percentage results increased at each meeting. To measurestudents' problem solving skill and social attitude, the results showeddifference between the values before and after treatment. This showedthe influence of issue based learning on social science issues on problemsolving skills and social attitudes
PERBEDAAN PENALARAN FORMAL MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DITINJAU DARI JENIS JURUSAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS musrikah musrikah
Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo) Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.518 KB) | DOI: 10.35334/judikdas borneo.v3i1.1773

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh keberagaman asal jurusan mahasiswa saat mereka di sekolah menengah atas pada mahasiswa baru Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Perbedaan tersebut mengakibatkan perbedaan materi ajar yang mereka dapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan penalaran formal mahasiswa baru dalam  melakukan penalaran formal berdasarkan jenis jurusan di sekolah menengah. Penelitian ini merupakan penelitian uji beda 3 sampel. Sampel  penelitian adalah mahasiswa Pendidkan Guru Madrasah Ibtidaiyah semester dua IAIN Tulungagung yang belum memperoleh materi geometri sewaktu di perguruan tinggi. Instrumen yang digunakan  adalah  pilihan respon benar atau  salah  sebanyak sepuluh  item pada materi kongruensi segitiga. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji  Uji Mann-Whitney  dan Uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama, tidak ada perbedaan yang signifikan pada penalaran formal mahasiswa baru yang berasal dari  sekolah menengah atas  jurusan IPA, Non  IPA, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sedangkan secara sendiri-sendiri tampak bahwa tidak ada perbedaan penalaran formal mahasiswa dari jurusan IPA dan non-IPA, tidak ada perbedaan  penalaran formal mahasiswa dari jurusan IPA dan SMK, serta tidak ada perbedaan penalaran formal mahasiswa Non-IPA dengan SMK.
DESKRIPSI KESULITAN MENULIS SISWA KELAS IV PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 035 TARAKAN Erda Jayanti Sandala'bi'; Ady Saputra; Irianto Aras
Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo) Vol 4, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.924 KB) | DOI: 10.35334/judikdas borneo.v4i2.2934

Abstract

Kesulitan menulis merupakan suatu ketidakmampuan seseorang dalam menuangkan pikiran, ide dan gagasannya menjadi sebuah tulisan. Keterampilan menulis tidak dapat berdiri sendiri, melainkan saling berkaitan dengan kemampuan lainnya yaitu, membaca, berbicara dan menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan menulis yang dialami siswa kelas IV pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi gagasan pokok dan gagasan pendukung. Penelitian ini dilakukan di kelas IV-A SDN 035 Tarakan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapaun tahapan analisis data dilakukan yaitu: 1) Data reduction, 2) Data Display, 3) Conclusion. Dari hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa kesulitan menulis yang dialami siswa pada materi gagasan pokok dan gagasan pendukung yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dimana rendahnya minat membaca siswa, serta belum mampu membedakan antara gagasan pokok dan gagasan pendukung. Dalam kegiatan menulis terdapat kesulitan menulis yang dialami siswa yaitu dalam kegiatan menulis dengan tangan/menulis permulaan, mengeja dan ekspresif.
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ULUL ALBAB TARAKAN Warsini Warsini; Dedi Kusnadi; Agustinus Toding Bua
Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo) Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.514 KB) | DOI: 10.35334/judikdas borneo.v2i2.1515

Abstract

The type of research is a qualitative research with a descriptive approach carried out at SDIT Ulul Albab Tarakan, in 2019/2020. The study aim to implement character values, determine the inhibiting and supporting factors in the implementation of character values in fourth grade students. Data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The main instrument is the researcher using tools in the form of assessment sheets ranging from planning to closing. Data analysis was performed using the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. With the technique of checking the validity of the data using triangulation techniques. The results showed that the implementation of character values was applied starting from planning, implementation, to evaluation. The learning plan used by the teacher is a plan made and developed by adjusting the character values that will be applied in learning. In the implementation, the teacher implements character values through learning activities and learning methods that have been adjusted previously. In this study, 5 class-based character values are used: Religious, nationalist, independent, mutual cooperation, and integrity. The inhibiting factors for the implementation of student character values are the lack of time available, the lack of use of instructional media, and environmental factors where students live. Then the supporting factors for the implementation of the character values of educators are still easy and the support of parents of students. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di SDIT Ulul Albab Tarakan, pada tahun 2019/2020. Tujuan untuk mengimplementasikan nilai-nilai karakter, mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi nilai karakter pada siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa lembar penilaian mulai dari perencanaan hingga penutup. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai karakter diterapkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Perencanaan pembelajaran yang digunakan guru merupakan perencanaan yang dibuat dan dikembangkan sendiri dengan menyesuaikan nilai karakter yang akan diterapkan dalam pembelajaran. Pada pelaksanaan, guru mengimplementasikan nilai karakter melalui kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran yang telah disesuaikan sebelumnya. Pada penelitian ini digunakan 5 nilai-nilai karakter berbasisi kelas yaitu: Religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Faktor penghambat implementasi nilai-nilai karakter siswa yaitu kurangnya waktu yang tersedia, kurangnya pengunaan media pembelajaran, dan faktor lingkungan tempat tinggal siswa. Kemudian faktor pendukung implementasi nilai karakter tenaga pendidik yang masih mudah dan dukungan orang tua siswa
PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KELAS V SDN 9 RANGKANG Margaretha Lidya Sumarni
Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo) Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/judikdas borneo.v4i1.2286

Abstract

Model pembelajaran numbered heads together (NHT) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menjadi salah satu alternatif untuk guru memberikan pembelajaran yang lebih bervariasi kepada siswa di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengimplementasikan dan melihat dampak model numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar yang siswa peroleh. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 9 Rangkang, Kecamatan Bengkayang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan  jumlah 35 siswa pada kelas eksperimen dan 34 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Uji kualitas instrumen yang dilakukan adalah validitas instrumen, reliabilitas instrumen, tingkat kesukaran butir soal dan daya beda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Implementasi model NHT pada siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 9 Rangkang memberikan dampak positif terhadap siswa sehingga menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; 2) Model pembelajaran NHT memiliki dampak paling tinggi pada pembelajaran siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata post-test model pembelajaran NHT siswa mendapat perolehan nilai yang tinggi yakni sebesar 85,61, jika dibandingkan dengan nilai post-test model pembelajaran konvensional yakni 70,06.
IDENTIFIKASI KECERDASAN KINESTETIK JASMANI SISWA KELAS I SDN 013 TARAKAN Kamsiatun Kamsiatun; Sucahyo Mas'an Al Wahid
Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/judikdas borneo.v2i1.1451

Abstract

Abstract: this study aimsto determine the observationsof physical kinesthetic intelligence of I-D classstudentswith varioustraditional games activitie. This research isa qualitative research with survey method. The research procedure consisted of observation and documentation. Instrument rating in the formof a questionnairesheet checklist amstrong modification and child development achievement index. As for the technical analisis of the data use is descriptive quantitative and analytical descriptive qualitative. Subject of research is student classI-D force in the teaching of 2018/2019 SDN 013 Tarakan with the number of students 28 people. The result of the analysis of questionnaire questions were given teacher class I-D throught the online form intelegence kinesthetic found that approximately 70% stating appropriate, 25% stated not appropriate and 5% claimed not to know. Then points each questions will be in arithmetic based score gains each student to produce a percentage of the index development of intelegence kinesthetic as follow, the level has not grown (BB) 18%, began to grow (MB) to 18%, develop appropriate expectations (BSH) 11% and growing very good (BSB) 53%.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengamatan kecerdasan kinestetik jasmani siswa kelas I-D dengan berbagai kegiatan permainan tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode survei. Prosedur penelitian terdiri dari observasi dan dokumentasi. Instrument penilaian berupa angket lembar check list modifikasi amstrong dan indeks pencapaian perkembangan anak. adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas I-D angkatan tahun ajaran 2018/2019 SDN 013 Tarakan dengan jumlah siswa 28 orang. Hasil analisis angket pertanyaan yang diberikan kepda guru kelas I-D melalui form online kecerdasan kinestetik ditemukan bahwa sekitar 70% menyatakan sesuai, 25% menyatakan tidak sesuai dan 5% menyatakan tidak tahu. Kemudian poin setiap pertanyaan akan di hitung berdasarkan skor perolehan setiap siswanya sehingga menghasilkan presentase indeks perkembangan kecerdasan kinestetik sebagai berikut, tahap belum berkembang (BB) 18 %, mulai berkembang (MB) 18 %, berkembang sesuai harapan (BSH) 11 % dan berkembang sangat baik (BSB) 53 %.
KARAKTERISTIK KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA Enditiyas Pratiwi
Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo) Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/judikdas borneo.v3i1.2059

Abstract

Melalui komunikasi matematis yang baik dapat menjadikan mahasiswa memiliki kemampuan dalam menyampaikan ide atau pemikiran secara tepat sehingga dapat meyakinkan diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik komunikasi matematis yang dimiliki oleh mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, di mana pegumpulan data dilakukan melalui pemberian lembar tes kepada mahasiswa calon guru sekolah dasar sebagai partisipan dan diselesaikan dengan think aloud. Partisipan dikelompokkan berdasarkan kemampuan komunikasi matematis baik dan kurang. Hasil penelitian menunjukkan tidak semua partisipan memenuhi ketiga indikator komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah, sehingga terdapat perbedaan karakteristik pada partisipan dengan kemampuan baik dan kurang. Penelitian dapat dilanjutkan dengan melakukan penambahan prosedur pengumpulan data, yaitu proses wawancara, sehingga keterbatasan dalam penelitian ini dapat disempurnakan.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI RANGKA KELAS IV SDN 050 TARAKAN Anita Markus; Muhsina Annisa; Kartini Kartini
Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo) Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/judikdas borneo.v1i2.1263

Abstract

Abstract: The type of research used is Research and Development design Formative Evaluation (Tessmer in Rahayu, 2008). The subject ofthe study was class IV. The result of the research is 30 item in the formof multiple choice. The first stage of expert validation is the firstvalidation of the content experts of 80% in effective category, the secondvalidation of the construction expert of 80% in effective category, thethird validation of linguists by 93% in the very effective category. Inone-to-one trials student’s response of 83% in the effective category.The results of small group trials in the form of student responses by 89%included in the category very effective. Based on the inputs andcomments of small group of test instruments improved and then field testwas conducted on 60 students of grade IV SDN 050 Tarakan. Result ofanalysis by using SPSS 21 program showed 24 item in valid category,reliability value that is r11=0,650 r tabel=0,254 in high category incriterion of reliability. Data analysis using AnatesV4 program showeddifficulty level with easy criteria of 1 items about (3,3%), mediumcriterion 26 items about (86,7%), difficult criterion 3 items about (10%),different with bad 4 item about (3.33%), different power with sufficientcriteria 14 items about (46.67%), different with good criterion 9 itemsabout (30%), different with very good criterion 3 items about (10 %),produces effective deception as many as 26 items about (86.7%).
KORELASI KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 25 DOMPU Mulya Yusnarti; Dedi Kusnadi
Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo) Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/judikdas borneo.v3i1.1810

Abstract

Abstract: This study aims to determine the creativity of teachers in teaching learning achievement of students at SDN 25 Dompu. Data collection methods used were questionnaire and test. The data analysis technique used in this study is to use the Product Moment formula. Based on the results of data analysis that teacher creativity in teaching has a significant relationship with student achievement, this is indicated by the relationship of teacher creativity with student achievement from rxys count as big as 0.507 categories, teacher creativity contributes to student achievement by 25.70% and the remaining 74.30% is determined by other variables. It is proven that there is a significant relationship between teacher creativity and student learning achievement, it is calculated that 3.6733 is greater than the value of t-table 1.6828 or (3.6733 1.6828) according to the number of n = 41 At the 5% significance level or the 95% confidence level (table r product moment attached). This shows that the null hypothesis (Ho) which reads "There is no relationship between the creativity of teachers in teaching with the learning achievement of fourth grade students at SDN 25 Dompu '', is rejected, and the alternative hypothesis (Ha) which reads" there is a relationship between teacher creativity in teaching and learning achievement of fourth grade students at SDN 25 Dompu ”, acceptedAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa SDN 25 Dompu. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus Product Moment.Berdasarkan hasil analisis data bahwa kreativitas guru dalam mengajar memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa, Hal ini ditunjukan dengan hubungan kreativitas guru dengan prestasi siswa dari hitung rxysebesar 0.507 kategori cukup kuat, kreativitas guru memberikan konstribusi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 25,70% dan sisanya 74,30% ditentukan oleh variabel lain. Terbukti bahwa ada hubungan yang signifikan kreativitas guru dengan prestasi belajar siswa, ternyatat-hitung 3.6733 lebih besar dari nilai t-tabel 1.6828 atau (3.6733 1.6828) sesuai dengan jumlah n = 41 Pada taraf signifikansi 5% atau taraf kepercayaan 95% (tabel r product moment terlampir).Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “Tidak ada hubungan antara kreativitas guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 25 Dompu’’, ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada hubungan antara kreativitas guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 25 Dompu”, diterima
KEMAMPUAN MAHASISWA PGSD DALAM MENYELESAIKAN MASALAH IPA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA SD Agustinus Toding Bua; Teresia Ardilla M
Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo) Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/judikdas borneo.v4i1.2991

Abstract

Pencapaian kompetensi pada suatu satuan pendidikan dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran. Salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai kompetensinya di SD adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pembelajaran IPA di SD hendaknya membuka kesempatan untuk menumpuk rasa ingin tahu peserta didik secara ilmiah. Hal ini membantu mengembangkan kemampuan bertanya dan mencari jawaban atas fenomena alam. Tetapi pada kenyataannya tidak semua peserta didik menguasai kompetensi seperti yang diharapkan. Penguasaan konsep IPA yang kurang ini disebabkan oleh kesulitan mahasiswa menguasai kompetensi seperti yang diharapkan. Temuan penelitian ini memberikan informasi penguasaan konsep IPA dan kemampuan pemecahan masalah IPA berada pada kategori cukup baik. Kondisi ini disebabkan oleh kesulitan mahasiswa dalam merespon pembelajaran yang diberikan oleh dosen mereka.  Penyebab kesulitan belajar IPA peserta didik mahasiswa dari faktor internal yakni minat aspek minat, motivasi, rasa percaya diri, kebiasaan belajar, dan cita-cita. Faktor eksternal yakni banyak istilah asing, materi yang terlalu padat, dan mahasiswa terkesan susah memahami materi tanpa tersedianya media.