Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan numerik matemtika pada siswa kelas IV di SDN 035 Tarakan. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 035 Tarakan pada Semester Ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini difokuskan pada tingkat kemampuan numerik matematika pada siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan numerik, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan numerik siswa terkait dengan operasi hitung bilangan bulaat berada dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian: 1) Siswa belum mampu melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian terkait dengan kemampuan numerik. 2) Siswa kebingungan dalam kaitannya dengan hasil penyelesaian ketika bilangan negatif dan bilangan positif berada dalam suatu operasi hitung bilangan, 3) Siswa memiliki kemampuan numerik yang rendah sehingga membuat siswa kurang memiliki kemampuan numerik yang baik dan kesulitan dalam mengerjakan soal matematika.
Copyrights © 2022