Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn khususnya pada tema tanggung jawab masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan pada setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 68 Banda Aceh tahun pelajaran 2019 /2020 berjumlah 32 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus satu dan siklus dua. Dari hasil tersebut penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa penggunaan metode role playing sangat efektif dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 68 Banda Aceh pada pelajaran PPKn khususnya tema tanggung jawab masyarakat, ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklus yang mengalami peningkatan yang cukup baik yaitu pada saat observasi awal hasil yang diperoleh sebesar 37,50% siswa belum tuntas belajar, namun setelah dilaksanakan tindakan dengan menggunakan metode role playing pada siklus I jumlah siswa yang dapat mencapai ketuntasan sebesar 63,50% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn tema tanggung jawab masyarakat
Copyrights © 2022