Jurnal Edukasi El-Ibtida'i Sophia
Vol 1, No 1 (2022)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN PPKN TEMA TANGGUNG JAWAB MASYARAKAT MELALUI PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DI SD NEGERI 68 BANDA ACEH

Sandi Agustina (Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan hasil belajar  siswa pada mata pelajaran PPKn khususnya pada tema tanggung jawab masyarakat. Penelitian ini merupakan  penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan pada setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V  SD Negeri 68 Banda Aceh   tahun pelajaran 2019 /2020  berjumlah  32 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif  komparatif dengan  membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus satu dan siklus dua. Dari hasil tersebut penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa penggunaan metode role playing sangat efektif dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V  SD Negeri 68 Banda Aceh pada pelajaran PPKn khususnya tema tanggung jawab masyarakat, ini dapat dilihat  dari hasil belajar siswa  pada setiap siklus yang mengalami peningkatan yang cukup baik yaitu pada saat observasi awal hasil yang diperoleh sebesar 37,50% siswa belum tuntas belajar, namun setelah dilaksanakan tindakan dengan menggunakan metode role playing pada siklus I jumlah siswa yang dapat mencapai ketuntasan sebesar 63,50% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn tema tanggung jawab masyarakat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEIS

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan Oktober. Selanjutnya jurnal ini terbit dalam versi online/elektronik. Jurnal Edukasi El-Ibtidai Sophia salah satu sarana untuk pengembangan hasil dari penelitian, pemikiran para akademisi dan pemerhati dalam pendidikan dengan mengikuti ...