cover
Contact Name
Muchsin
Contact Email
muchsin@serambimekkah.ac.id
Phone
+6281294633588
Journal Mail Official
pgsdserambimekkah@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tgk. Imum Lueng Bata. Desa Batoh
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Edukasi El-Ibtida'i Sophia
ISSN : 28283546     EISSN : 28288904     DOI : -
Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan Oktober. Selanjutnya jurnal ini terbit dalam versi online/elektronik. Jurnal Edukasi El-Ibtidai Sophia salah satu sarana untuk pengembangan hasil dari penelitian, pemikiran para akademisi dan pemerhati dalam pendidikan dengan mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Jurnal Edukasi El-Ibtidai Sophia mengundang penulis, baik dari kalangan Guru, Dosen penelitian, pemikiran para akademisi dan pemerhati dalam pendidikan untuk bisa menyalurkan tulisannya pada Jurnal Edukasi El-Ibtidai Sophia Jurnal Edukasi El-Ibtida`i Sohpia terfokus pada hasil penelitian yang mencakup pada : 1. Pendidikan anak sekolah 2. Metode Pembelajaran anak sekolah 3. Pendidikan Karakter anak sekolah 4. Pengelolaan Pendidikan anak sekolah
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 32 Documents
Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Fariz Kopi Banda Aceh)
Jurnal Edukasi El-Ibtidai Sophia Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.248 KB) | DOI: 10.32672/jeis.v1i2.5041

Abstract

PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA TUGASKU SEHARI-HARI DI RUMAH DI KELAS II SD NEGERI 2 BANDA ACEH Putri Karunia; Israwati '; Maulidar '; Faudi '
Jurnal Edukasi El-Ibtidai Sophia Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.319 KB) | DOI: 10.32672/jeis.v1i1.4109

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik melalui media puzzle pada subtema tugasku sehari-hari di rumah di kelas II SD Negeri 2 Banda Aceh. Pendekatan menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksperimen dan one group pre test-post test design. Sampel berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Data analisis menggunakan uji Mann Whitney pendekatan Z. Berdasarkan hasil perhitungan Zhitung =5,30 sedangkanZtabel =1,96. Hₐ diterima jika Zhitung Ztabel, maka Hₒ ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan penggunaan media puzzle sangat berpengaruh pada prestasi belajar peserta didik.
Hubungan Kesegaran Jasmani dalam Partisipasi Berolahraga SMA Negeri 1 Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya Boihaqi '; Aldiansyah Akbar
Jurnal Edukasi El-Ibtidai Sophia Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.946 KB) | DOI: 10.32672/jeis.v1i2.5065

Abstract

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MAHASISWA PGSD FKIP USM PADA MATAKULIAH ALJABAR Muhammad Isa; Taruli Marito Silalahi; Harun Nun Rasyid
Jurnal Edukasi El-Ibtidai Sophia Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.261 KB) | DOI: 10.32672/jeis.v1i1.4110

Abstract

Dalam modul implementasi kurikulum 2013, yang menyatakan bahwa proses pembelajaran dengan kurikulum 2013 dikembangkan atas prinsip pembelajaran siswa aktif melalui kegiatan mengamati (melihat, membaca, mendengar, menyimak), menanya (lisan, tulis), menganalis (menghubungkan, menentukan keterkaitan, membangun cerita/konsep), mengkomunikasikan (lisan, tulis, gambar, grafik, tabel, chart, dan lain-lain) (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013:85). Selama ini matematika hanya dianggap sebagai pelajaran hitungan saja, yang selalu berkaitan dengan angka. Padahal matematika itu adalah bahasa yang terdiri dari lambang-lambang yang bersifat artifisial yang diberikan makna sehingga dapat dipahami. Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebagai seorang calon guru SD  dalam memperkenalkan matematika kepada siswa SD dituntut memeiliki kemampuan komunikasi matematika yang baik sebagai bekal melaksanakan pembelajaran di kelas.Dapat disimpulkan Kemampuan komunikasi matematika mahasisiswa PGSD pada matakuliah aljabar berdasarkan masing-masing kriteria penilaian tugas paper berada pada katagori baik namun, kebanyakan mahasiswa masih terbilang cukup dalam menyatakan ide atau situasi melalui gambar dan dalam menarik kesimpulan.
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Muchsin '; Hambali '; Faudi ,; Marlina Siregar
Jurnal Edukasi El-Ibtidai Sophia Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.499 KB) | DOI: 10.32672/jeis.v1i2.5021

Abstract

Kinerja guru merupakan salah satu faktor yang penting bagi terselenggaranya pendidikan dan pembelajaran yang bermutu. Upaya perbaikan kinerja dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan penulis untuk mengetahui gambaran kepemimpinan pendidikan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan kepustakaan. Hasil dari penelitian mengambarkan bahwa kinerja setiap orang dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya sebagai berikut: (1) Kompetensi Individu, (2) Dukungan Organisasi, (3) Dukungan Manajemen. Upaya kepala sekolah terhadap pembinaan kinerja guru meliputi tanggung jawab terhadap tugas, disiplin, dan komitmen.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENDIDIKAN RESOLUSI KONFLIK DI SEKOLAH DASAR Fadhil Sidiq; Herawati '; Mimi Hariyani
Jurnal Edukasi El-Ibtidai Sophia Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (110.12 KB) | DOI: 10.32672/jeis.v1i1.4102

Abstract

Siswa sekolah dasar tidak terlepas dari konflik. Baik konflik yang terjadi dari dalam individu itu sendiri (intrapersonal) maupun konflik yang datangnya dari luar individu (interpersonal) seperti konflik antar individu maupun kelompok. Belum semua siswa memiliki kemampuan resolusi konflik. Padahal kemampuan resolusi konflik sangat penting untuk dimiliki oleh siswa sekolah dasar agar para siswa terlatih untuk memecahkan masalah atau konflik secara konstruktif di sepanjang kehidupannya di masa mendatang. Adapun kemampuan resolusi konflik yang harus dilakukan adalah: 1) mampu berorientasi; 2) mampu memahami bahwa setiap individu berbeda dan mampu melihat situasi atau empati dan menunda untuk menyalahkan orang lain; 3) mampu mengelola berbagai emosi; 4) mampu berkomunikasi dengan baik; 5) mampu berpikir kreatif,dalam memecahkan masalah; dan 6) mampu berpikir kritis dalam memprediksi dan menganalisis situasi konflik.
Peran Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Di SD Negeri 18 Banda Aceh Al Syahara; Putry Julia; Hafid Maksum; Fadhillah '
Jurnal Edukasi El-Ibtidai Sophia Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.608 KB) | DOI: 10.32672/jeis.v1i2.5087

Abstract

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN PPKN TEMA TANGGUNG JAWAB MASYARAKAT MELALUI PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DI SD NEGERI 68 BANDA ACEH Sandi Agustina
Jurnal Edukasi El-Ibtidai Sophia Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.312 KB) | DOI: 10.32672/jeis.v1i1.4104

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan hasil belajar  siswa pada mata pelajaran PPKn khususnya pada tema tanggung jawab masyarakat. Penelitian ini merupakan  penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan pada setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V  SD Negeri 68 Banda Aceh   tahun pelajaran 2019 /2020  berjumlah  32 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif  komparatif dengan  membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus satu dan siklus dua. Dari hasil tersebut penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa penggunaan metode role playing sangat efektif dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V  SD Negeri 68 Banda Aceh pada pelajaran PPKn khususnya tema tanggung jawab masyarakat, ini dapat dilihat  dari hasil belajar siswa  pada setiap siklus yang mengalami peningkatan yang cukup baik yaitu pada saat observasi awal hasil yang diperoleh sebesar 37,50% siswa belum tuntas belajar, namun setelah dilaksanakan tindakan dengan menggunakan metode role playing pada siklus I jumlah siswa yang dapat mencapai ketuntasan sebesar 63,50% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn tema tanggung jawab masyarakat
Pengembangan Modul Digital Terintegrasi Karakter Sub Tema Jenis-Jenis Pekerjaan Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Titi Anjarini; Aci Primartadi; Suyoto '
Jurnal Edukasi El-Ibtidai Sophia Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.956 KB) | DOI: 10.32672/jeis.v1i2.5042

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan modul digital terintegrasi karakter Sub Tema Jenis-jenis Pekerjaan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar, (2) Mengetahui kelayakan modul digital terintegrasi karakter Sub Tema Jenis-jenis Pekerjaan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (Research Development) menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Pacor tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan angket. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ensiklopedia digital ini adalah: 1)menghasilkan modul digital terintegrasi karakter Sub Tema Jenis-jenis Pekerjaan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar, 2) Hasil penilaian ahli media mendapatkan rerata skor 3,77 dengan kategori sangat valid, dari ahli materi mendapatkan rerata skor 3,05 dengan kategori valid, dari praktisi mendapatkan rerata skor 3,84 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan produk dari angket respon peserta didik uji coba terbatas memperoleh rerata skor 3,46 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa modul digital terintegrasi karakter Sub Tema Jenis-jenis Pekerjaan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dasar.
ANALISIS MANAJEMEN PENBINAAN DAN TINGKAT KONDISI FISIK DOMINAN ATLET SEPAKBOLA SMAKON ACEH TAHUN 2021 Junaidi '; Fakhrur Rizal; Meiji Febriasyah
Jurnal Edukasi El-Ibtidai Sophia Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.054 KB) | DOI: 10.32672/jeis.v1i1.4128

Abstract

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara, penyebaran angket dan tes kondisi fisik dominan. Hasil analisis data menunjukkan pada pola manajemen pembinaan secara umum di Sepakbola SMAKON Aceh berjalan sebagaimana mestinya dan pelatih kepala mampu melaksanakan tugasnya sebagai seorang pelatih dalam menyusun program latihan, melatih dan mengevaluasi dengan baik serta tingkat kondisi fisik dominan atlet Sepakbola SMAKON Aceh Tahun 2021 adalah kekuatan kaki dan tingkat daya ledak tungkai pada katagori baik, kecapatan pada katagori baik sekali, sedangkan pada unsur kelincahan dan daya tahan jantung masih berada pada katagori cukup.

Page 1 of 4 | Total Record : 32