Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
Vol 1 No 1 (2022): Maret

Manajemen Peserta Didik di SMK Muhammadiyah 1 Lendah

Farid Setiawan (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Aliftiya Oktinawati (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Devy Larasati Oetoyo Putri (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Ridhani Nur Hanifah (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Aisyah Luthfi Hasanah (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Lendah. Fokus kajian penelitian ini yaitu memberikan pengetahuan terkait apa saja yang perlu dibahas dalam sebuah manajemen peserta didik, terkhususnya yang berkaitan dengan SMK Muhammadiyah 1 Lendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yakni melalui wawancara dan dengan dilengkapi perolehan data berbasis studi literatur. Hasil penelitian ini menemukan bahwa manajemen peserta didik merupakan sebuah strategi yang berperan sebagai koordinir, menyusun, dan mengatur sesuatu hal yang berkaitan dengan peserta didik. Manajemen peserta didik ini perlu dikelola dengan baik agar dapat digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan prestasi dari peserta didik itu sendiri. Dalam manajemen peserta didik yang diterapkan di SMK Muhammadiyah 1 Lendah, terkandung beberapa komponen seperti perencanaan peserta didik, pembinaan peserta didik, serta evaluasi peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekiawan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman is a regular scientific journal published by the Zia Salsabila Foundation, Education and Research Sector since 2022. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, published four times a year in January-March, April-June, July-September, and ...