Penelitian ini membahas mengenai perbandingan media diorama dan media big book pada hasil belajar dalam materi ekosistem pada peserta didik kelas V MIS Maroanging No.17Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media dioramapada pe lajaran IPA kelas V MIS Maroanging, (2) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media big book pada pelajaran IPA kelas V MIS Maroanging, (3) untuk mengetahui membandingkan antara hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media diorama dan media big book pada pelajaran IPA kelas V MIS Maroanging. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelas tersebut melalui nalisis deskriptif yaitu nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media diorama sebesar 75,2 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pesertadidik dengan media big book sebesar 82,2. Hasil analisis inferensial data menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh thitung =3,453>ttabel= 2,042 dan signifikan(0,00<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikansi dari penggunaan media diorama dan media big book terhadap hasil belajar peserta didik kelasV MIS Maroanging No.17 Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.
Copyrights © 2022