Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 4 No 1: Februari (2022)

PERBANDINGAN MEDIA DIORAMA DAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V

Reni Isnaeni Kardillah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
St Syamsudduha (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Safei (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perbandingan media diorama dan media big book pada hasil belajar dalam materi ekosistem pada peserta didik kelas V MIS Maroanging No.17Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media dioramapada pe lajaran IPA kelas V MIS Maroanging, (2) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media big book pada pelajaran IPA kelas V MIS Maroanging, (3) untuk mengetahui membandingkan antara hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media diorama dan media big book pada pelajaran IPA kelas V MIS Maroanging. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelas tersebut melalui nalisis deskriptif yaitu nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media diorama sebesar 75,2 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pesertadidik dengan media big book sebesar 82,2. Hasil analisis inferensial data menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh thitung =3,453>ttabel= 2,042 dan signifikan(0,00<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikansi dari penggunaan media diorama dan media big book terhadap hasil belajar peserta didik kelasV MIS Maroanging No.17 Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...