cover
Contact Name
Fajri Basam
Contact Email
fajribasam@uin-alauddin.ac.id
Phone
+6282343638825
Journal Mail Official
jipmi@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Jalan Sultan Alauddin No. 36, Samata Kab. Gowa (Kampus 2)
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
ISSN : -     EISSN : 27213234     DOI : -
JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan / atau kuantitatif di bidang pendidikan dasar yang terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Februari dan Agustus. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup pendidikan dasar.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 84 Documents
PENGARUH PENERAPAN METODE READING ALOUD TERHADAPKETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI MAMAJANG 1 KOTA MAKASSAR Kurniati Kurniati; Safei Safei; Sitti Mania
JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 1: FEBRUARI (2019)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan metode reading aloud terhadapketerampilan membaca peserta didik kelas III SD Negeri Mamajang I Kota Makassar. Tujuanpenelitian ini untuk mengetahui penerapan metode reading aloud terhadap keterampilanmembaca peserta didik sebelum dan setelah diajar dengan metode reading aloud danpengaruh penerapan metode reading aloud terhadap keterampilan membaca peserta didikkelas III SD Negeri Mamajang I Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah Untukmengetahui keterampilan membaca peserta didik sebelum penerapan metode reading aloudkelas III SD Negeri Mamajang I Kota Makassar. Penelitian pre-eksperimen ini menggunakandesain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh peserta didik kelas III SD Negeri Mamajang I Kota Makassar yang berjumlah 29peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh.Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes membaca, dan lembaranobservasi. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh keterampilan membaca peserta didik setelahdiajar dengan metode reading aloud
PENGEMBANGAN PENILAIAN PROYEK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUL HIKMAH MAKASSAR Nurazmiyati Nurazmiyati; St Syamsudduha; Shabir Umar
JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 1: FEBRUARI (2019)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penilaian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran. Penilaianproyek adalah bagian dari penilaian autentik merupakan salah satu penilaian untukmengukur kompetensi psikomotorik yang dapat digunakan untuk mengukurketerampilan pemecahan masalah peserta didik. Berdasarkan observasi diperoleh hasilbahwa penilaian proyek disekolah belum mampu untuk mengukur keterampilanpemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanganyang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk penilaian yang digunakan untukmenilai tugas proyek peserta didik yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.Pengembangan produk ini menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi3D.Lokasi dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Hikmah Makassar.Pengumpulan data menggunakan lembar validasi instrumen untuk mengukur kevalidan,lembar angket respon guru untuk mengukur kepraktisan produk, serta analisis data tugasproyek peserta didik untuk mengukur keefektifan produk. Data yang diperoleh dianalisisdengan tehnik analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan instrumen penilaian.Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan bahwa instrumen yang dikembangkanberupa instrumen penilaian proyek untuk mengukur keterampilan pemecahan masalahpeserta didik telah memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 3.26, kriteriakepraktisan sangat baik dengan rata-rata nilai 3.44, dan kriteria keefektifan tinggi denganpersentase 85.7%.Dengan demikian produk penilaian berupa produk yang dikembangkanini telah berkualitas valid, praktis dan efektif sehingga produk ini dapat digunakan dalamkegiatan pembelajaran untuk menilai proyek peserta didik.
POLA PEMBINAAN GURU DALAM PENYEBUTAN HURUF HIJAIYAH PADA KELAS I DI MI GUPPI BORONG PA’LA’LA Suriani Suriani; A. Marjuni; Hamka Hamka
JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 1: FEBRUARI (2019)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahu pola pembinaan guru, 2)Mengetahui Penyebutan Huruf Hijaiyah pada peserta didik pada kelas I di MIGuppi Borong Pa’la’la, 3) faktor pendukung dan menghambat pembinaan Gurudalam penyebutan huruf hijaiyah pada peserta didik kelas I di MI Guppi BorongPa’la’la. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenispenelitian kualitatif deskritif, menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasilpenelitian ini menunjukkan: 1) Pola pembinaan yang dilakukan oleh Guru yaitumengunakan pola pembinaan kecakapan, pembinaan penyegaran danpembinaan lapangan. Juga Metode Iqra’ dan media permainan kartu huruf,permainan Bongkar pasang dan lirik Lagu sebagai alat yang digunakannya. 2)penyebutan huruf hijaiyah pada peserta didik kelas I di MI Guppi BorongPa’la’la masih dalam kategori rendah dan masih dalam tahap pembinaan, 5orang peserta didik yang sudah mampu Menyebutkan huru hijaiyah denganbaik dan 20 orang yang belum bisa menyebutkan huruf hijaiyah dengan baikdari jumlah peserta didik 25 orang). 3) Faktor Pendukung pembinaan gurudalam penyebutan huruf Hijaiyah peserta didik kelas I di MI Guppi BorongPa’la’la diantaranya, sarana prasarana sekolah, Pemberian metode dan media,keterlibatan Orang tua di rumah
PENGARUH PENGGUNAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MUHAMMADIYAH ROMANG LOMPOA KECAMATAN BAJENG BARAT KABUPATEN GOWA Fitri Fitri; Saprin Saprin; Ibrahim Nasbi
JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 1: FEBRUARI (2019)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penggunaan kosakata peserta didik kelasIV MI Muhammadiyah Romang Lompoa Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa, 2)Mengetahui kemampuan menulis cerita peserta didik kelas IV MI MuhammadiyahRomang Lompoa kecamatan bajeng barat kabupaten gowa, 3) Mengetahui seberapabesar pengaruh penggunaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerita peserta didikkelas IV MI Muhammadiyah Romang Lompoa Kecamatan Bajeng Barat KabupatenGowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Romang Lompoa KecamatanBajeng Barat Kabupaten Gowa yang berjumlah 23 orang dan jenis sampel jenuh makasampel dalam penelitian ini berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian yang digunakanadalah butir-butir tes digunakan untuk mengetahui penggunaan kosakata dankemampuan menulis cerita peserta didik.Untuk mengelola data yang dianalisis denganmenggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistic inferensial. Melalui analisisdata, diperoleh kesimpulan, yaitu: 1) Penggunaan kosakata peserta didik kelas IV MIMuhammadiyah Romang Lompoa Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa berskorrata-rata sebesar 46.731 dimana hasil ini tergolong pada kategori tidak baik, 2)Kemampuan Menulis cerita peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah RomangLompoa Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa berskor rata-rata 38.3043 dimanahasil ini tergolong pada kategori tidak baik, 3) Pengaruh penggunaan kosakata terhadapkemampuan menulis cerita peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Romang LompoaKecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa sebesar 29% dengan sisanya 71% dipengaruhioleh variabel lain yang tidak diteliti.
PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD INPRES SERO GOWA Safira Safira; Ahmad Afiif
JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 1: FEBRUARI (2019)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah penerapanmodel Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis argumentasi pesertadidik kelas IV di SD Inpres Sero Gowa.Jenis penelitian ini kuantitatif denganpendekatan quasi experimental menggunakan desain Nonequivalent control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Inpres SeroGowa yang terdiri dari 60 orang.Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelumpenerapan model Think Talk Write (TTW) kemampuan menulis argumentasi pesertadidik kelas IV A atau kelas eksperimen berada dikategori rendah.Setelah penerapanmodel Think Talk Write(TTW) kemampuan menulis argumentasi peserta didik kelas IVA atau kelas eksperimen berada dikategori tinggi diperoleh nilai rata-rata sebesar 78.37sedangkan di kelas IV B atau kelas control dengan penerapan metode konvesionaldiperoleh rata-rata sebesar 62.43. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan rata-ratahasil penelitian setelah penerapan model Think Talk Write (TTW) kemampuan menulisargumentasi peserta didik kelas IV A atau kelas eksperimen lebih tinggi dari sebelumditerapkan model Think Talk Write (TTW) maupun kelas control yang menggunakanmetode konvesional. Pada analisis inferensial untuk uji hipotesis diperoleh harga t = -6,692, df = 29 dan sig. (2 tailed) atau p-value = 0,000 < 0,05, artinya nilai signifikanlebih kecil dari taraf kesalahan atau HOditolak dan HI diterima artinya atau terdapatperbedaan nilai rata-rata kelas ekperimen dan kelas kontrol sebelum dan setelah diberiperlakuan. Implikasi pada penelitian ini yaitu peserta didik dapat membantu dalammeningkatkan kemampuan menulis argumentasi menjadi lebih baik,menarik, sertadapat memahami pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA TEMA “HIDUP RUKUN” DI KELAS II Ayu Wulandari; Muljono Damopolii; Andi Halimah
JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 2: AGUSTUS (2019)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitasperangkat pembelajaran tematik berbasis scientific approach pada tema “Hidup Rukun”dengan subtema “Hidup Rukun di Rumah” kelas II di MI Darul Hikmah Makassar. Jenispenelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yangmengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahapperancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran(dessiminate) yang dilaksanakan di kelas II. Instrument yang digunakan dalam pengumpulandata ini dibagi menjadi tiga, yaitu format validasi, format kepraktisan, dan formatkeefektivan. Berdasarkan hasil uji kevalidan dari para ahli dengan menggunakan koefisienvalidasi perangkat pembelajaran, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 3, 58(sangat valid) dan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) 3,35 (Valid). Untuk kepraktisanperangkat pembelajaran diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan perangkatpembelajaran 3,53 (sangat valid) dan angket respons guru terhadap perangkat 3,63 (sangatvalid). Sedangkan untuk uji keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan,diperoleh rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 95,33% dari 15 dengan sebanyak 2 orangmendapatkan nilai tinggi dan nilai sangat tinggi sebanyak 13 orang peserta didik.
PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 3 LUWU KABUPATEN LUWU Indo Tang; Safei Safei; Thamrin Tayeb; Suarti Suarti
JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 2: AGUSTUS (2019)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengatahui bagaimana kompetensi sosial guru di kelasV MIN 3 Luwu Kabupaten Luwu, 2) Untuk mengetahui bagaimana kompetensi socialguru terhadap mata pelajaran matematika peserta didik kelas V di MIN 3 LuwuKabupaten Luwu, 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikankompetensi social guru dengan hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 3 Luwu.Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan jenis Ex-postfacto. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa 1) Deskripsi Kompetensi sosial guru Matematika kelas V MIN 3Luwu berkategori tinggi dengan persentase 62%. 2) Deskripsi hasil belajar peserta didikkelas V di MIN 03 Luwu Kab. Luwu, dengan memperhatikan 26 peserta didik sebagaisample dapat di ketahui bahwa 4 orang (15 %) berada pada kategori rendah, 9 orang (35%) berada pada kategori sedang, dan13 orang (50%) peserta didik berada pada kategoritinggi. Dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 76. Dapat disimpulkan bahwakompetensi sosial guru Matematika kelas V MIN 3 Luwu berkategori sedang denganpersentase 35 %. 3) Berdasarkan hasil uji regresi yang dilakukan, konstanta dan koefisienpersamaan diperoleh dari kolom B, Sehingga persamaan regresi : Y= 118,204 + 0,698X.Dari analisis diperoleh ????ℎ???????? = 2.646 dan p- value = 0.014> 0.05 atau ????0 ditolak. Dengandemikan kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pesertadidik kelas V MIN 3 Luwu Kabupaten Luwu
KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT (STAD) PESERTA DIDIK KELAS V Asmawati Asmawati; Sapring Sapring; Immawati Nur Aisyah Rivai
JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 2: AGUSTUS (2019)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) keterampilan menulis karangan argumentasipeserta didik sebelum penerapan model kooperatif tipe Stad di kelas V SD InpresBalangpunia Kabupaten Gowa. 2) Keterampilan menulis karangan argumentasi pesertadidik setelah penerapan model Kooperatif Tipe Stad di kelas V SD Inpres BalangpuniaKabupaten Gowa. 3) keterampilan menulis karangan argumentasi sebelum dan setelahPenerapan metode Kooperatif Tipe Stad di kelas V SD Inpres Balanpunia KabupatenGowa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis pre-eksperimental desain dandesain penelitian one group pretest-posttest. Hasil penelitian dari pretes dan postest diujidengan satatistik inferensial, nilai signifikan < ???? (0,000 < 0,05). Dengan dengan tarafkepercayaan 95% dapat dikatakan bahwa rata-rata nilai keterampilan menulis karanganargumentasi peserta didik tanpa penerapan Model STAD tidak sama dengan nilai rata-rataketerampilan menulis karangan argumentasi peserta didik dengan penerapan Modelkooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan penerapan Modelkooperatif tipe Stad terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi peserta didiksetelah penerapan Model kooperatif tipe STAD.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V MI DARUL HIKMAH MAKASSAR Noer Naningsih; Fajri Basam
JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 2: AGUSTUS (2019)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan perangkat pembelajarantematik berbasis scientific aproach pada tema organ gerak hewan dan manusia dengansubtema organ gerak hewan di kelas V MI Darul Hikmah Makassar yang valid, praktis,dan efektif. Jenis penelitian ini pengembangan atau Research and Development (R&D)pada model ADDIE yaitu: analysis, design, devepment, impelementation, and evaluation.Produk yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD berbasis scientific approach padatema organ gerak hewan dan manusia dengan subtema organ gerak hewan. Subjek ujicoba adalah peserta didik pada kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniadalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran,angket respon guru, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan,diperoleh bahwa (1) Hasil validasi perangkat pembelajaran yaitu RPP dan LKPDadalah 3, 33 dan 3, 22 berada dalam kategori valid, (2) Praktis berdasakan observasiketerlaksanaan perangkat pembelajaran dengan nilai rata-rata 2, 97 yang berarti baikdan angket respon guru terhadap perangkat pembelajaran tematik berbasis scientificapproach dengan nilai rata-rata 3, 95 yang berarti sangat baik, (3) Efektif berdasarkan teshasil belajar memperoleh data 90% peserta didik yang mencapai ketuntasan yang sangattinggi dan yang mendapatkan 10% mencapai ketuntasan tinggi, sehingga prentaseketuntasan mencapai 96, 83%. Dapat disimpulkan bahwa pada tahap uji coba yangdilaksanakan, perangkat pembelajaran tematik berbasis scientific approach pada temaorgan gerak hewan dan manusia dengan subtema organ gerak hewan di kelas V MItelah memenuhi kriteria valid, prakis, dan efektif.
PENGARUH PEMBIASAAN SALAT BERJAMAAH TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI MIS AL-MUTHMAINNAH Muharatun Muharatun; Ibrahim Nasbi; Munirah Munirah; Mirza Fatahullah
JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah) Vol 1 No 2: AGUSTUS (2019)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembiasaan salat berjamaah diMIS Al-Muthmainnah Kec. Soromandi Kab. Bima dan bagaimana akhlak peserta didikdi MIS Al-Muthmainnah Kec. Soromandi Kab. Bima, serta bagaimana pengaruhpembiasaan salat berjamaah terhadap akhlak peserta didik di MIS Al-Muthmainnah Kec.Soromandi Kab. Bima.Jenis penelitian ini kuantitatif Ex-Postfacto. Populasi padapenelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berjumlah 83 orang dan sampel nonprobability sampling menggunakan teknik sampling purposive dan jumlah sampel yangdigunakan 23 peserta didik. Instrumen dalam penelitian adalah pedoman angket, danformat dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptifdan analisis inferensial dengan bantuan SPSS. Berdasarkan analisis data uji normalitasmemperoleh nilai sig. lebih besar dari 0,05 (0,321<0,05), maka dapat disimpulkan bahwadata tersebut berdistribusi normal. Untuk uji linearitas memperoleh nilai sig. linearity >nilai tabel (0,05>0,642) dan nilai sig. deviation from linearity > nilai tabel (0,05 > 0,844),maka data tersebut linear. Persamaan regresi diperolehY ̂ = 44,303 + 0,189X, dari hasiluji signifikan diperoleh angka R2 (R Square) sebesar 0,012 atau (1,2%). Hal inimenunjukan bahwa presentase pembiasaan salat berjamaah terhadap akhlak pesertadidik sebesar 1,2% sedangkan sisanya 98,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidakdimasukan dalam penelitian ini.Dari hasil pengujian hipotesis yang memperlihatkanbahwa nilai t yang diperoleh dari hasil perhitungan thitung > ttabel (0,512>2,086) maka Haditerima. Dengan demikian, keputusan pengujian ini adalah menerima Ha yang berartiterdapat pengaruh positif yang signifikan antara pembiasaan salat berjamaah terhadapakhlak peserta didik di MIS Al-Muthmainnah Kec. Soromandi Kab. Bima