UNM Journal of Technology and Vocational
Vol 6, No 1 (2022)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING, GAYA BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X DI SMK NEGERI 2 PINRANG

Nur Syamsinar Munir (Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)
Hamsu Abdul Gani (Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)
Abdul Muis Mappalotteng (Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan MediaPembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar; 2) Pengaruh Gaya Belajar terhadap Motivasi Belajar; 3) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa; 4) Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar; 5) Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan model analisis jalur (path analysis). Jumlah populasi sebesar 120 orang. Besar sampel berjumlah 89 orang ditarik secara random proporsional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar; (2) Terdapat pengaruh signifikan Gaya Belajar terhadap Motivasi Belajar; (3) Terdapat pengaruh signifikan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa; (4) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar; (5) Terdapat pengaruh signifikan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within ...