cover
Contact Name
M. Miftach Fakhr
Contact Email
fakhri@unm.ac.id
Phone
+62+6282192119493
Journal Mail Official
ptk.pps@unm.ac.id
Editorial Address
https://ojs.unm.ac.id/UJTV/about/contact
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
UNM Journal of Technology and Vocational
ISSN : 25800418     EISSN : 25800434     DOI : -
Core Subject : Education,
Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within vocational education and training. Managing the transition from school/college to work Education-Business partnerships and collaboration Edupreneurship Curriculum Links between education and industry The graduate labour market Work experience and placements The recruitment, induction and development of school leavers and graduates Young person employability and career development Teaching and learning practice in vocational school Vocational education in electronics Vocational education in automotive Vocational behaviour
Articles 68 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER MIKROKONTROLER PADA JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA SMK NEGERI DI MAKASSAR Akmaluddin Akmaluddin; Hasanah Nur; Darlan Sidik
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1262.379 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui tahapan dalam mengembangkan media pembelajaran trainer mikrokontroler; (2) menghasilkan media pembelajaran trainer Mikrokontroler yang valid dan praktis digunakan di SMK; (3) menghasilkan media pembelajaran trainer Mikrokontroler yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa SMK Negeri di Kota Makassar, jurusan teknik elektronika. Pengumpulan data melalui metode dokumentasi, observasi dan angket dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis modul aplikasi smartphone melalui tahapan sebagai berikut: (1) menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran dan kelayakan serta kebutuhan pengembangan media trainer berbasis mikrokontroler.Alf dan Vegard RISC (AVR); (2) tahap desain perancangan perangkat dan media pembelajaran; (3) pengembangan dengan melihat tanggapan validator/ahli dari desain yang telah dibuat yaitu kelayakan media dan kelayakan materi serta kelayakan instrumen dan soal bagi siswa/siswa; (4) pendistribusian dilakukan dalam 2 tahap kegiatan yaitu tahap Pre-Test yang digunakan sebagai data awal dan tahap Post-Test dan tahap implementasi yang digunakan sebagai data akhir untuk melihat perbandingan dan persentase keberhasilan produk yang dibuat. Kualitas media pembelajaran dinyatakan sangat valid oleh validator ahli media dengan nilai 99% dan ahli materi dengan nilai 99%. Kepraktisan media berdasarkan angket siswa dari tes one to one mendapat skor 88%, tes kelompok kecil 92% dan tes kelompok besar 90% berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan dinyatakan berdasarkan hasil pretest dan posttest. Data yang diperoleh menunjukkan N-Gain sebesar 0,81 yang berada pada kategori tinggi dimana nilai rata-rata siswa sebelum digunakan adalah 55,37 dan meningkat menjadi 81,05 setelah menggunakan media trainer mikrokontroler, Peningkatan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa media trainer mikrokontroler telah efektif dalam penggunaannya.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJRAN BERBASIS AUDIO UNTUK SISWA PENDERITA TUNA NETRA DI SLB-A YAPTI MAKASSAR Rimba Saputra; Ahmad Rifqi Asrib; Abdul Muis Mappalotteng
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.69 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis audio untuk siswa penderita tuna netra di SLB-A YAPTI Makassar, (2) Mengetahui kualitas kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Audio Untuk Siswa Penderita Tuna Netra menggunakan pengujian standar ISO/IEC 9126. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (ADDIE), terdiri dari 5 (lima) tahap yaitu, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa penderita tuna netra dan guru di SLB-A YAPTI Makassar. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode pengujian perangkat lunak ISO/IEC 9126 yaitu meliputi aspek functionality, usability, portability dan maintainability. Pada aspek functionality menggunakan test caseoleh dua ahli system, aspek usability menggunakan angket kuisioner, aspek portability menggunakan berbagai jenis smartphone dan aspek maintainability menguji perangkat lunak pada aspek analyzability dan changebility.Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis audio untuk siswa penderita tuna netra. Hasilpengujian aspek functionality sistem dinilai baik karena X mendekati 1, aspek usability memperoleh nilai 65 dalam kategori “sangat tinggi”, aspek portability tidak memiliki error diberbagai jenis smartphone,aspek maintainability menunjukkan sub-karakteristik yang dinilai pada aplikasi dari sisi maintainability sudah baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas perangkat lunak sudah memenuhi kriteria kualitas perangkat lunak.
ANALISIS KETERAMPILAN KERJA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN KERJA PADA INDUSTRI FESYEN Aisyah Aisyah Fitri R; Anas Anas Arfandi; Syamsidah Syamsidah
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 5, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1265.807 KB)

Abstract

This study aims to describe the quality of work skills of students majoring in PKK FT UNM and to determine the effect of communication skills, creative thinking skills, critical thinking skills, applied academic skills, and technology use skills on job readiness partially and simultaneously. This type of research is quantitative research. The data was obtained from the value of the Industrial Practice course, the distribution of the questionnaire using the Guttman scale via google form, equipped with unstructured interviews. The population of this research is the 2016 undergraduate students majoring in PKK FT UNM Fashion Design study program who have implemented industrial practices in the 2019/2020 academic year as many as 50 people with a sample of 49 people. The research data were analyzed using simple regression analysis, multiple regression analysis, effective contribution analysis and relative contribution analysis. The results showed that the quality of student work skills was classified as very good based on the value of industrial practice, the value of industrial practice reports, and the value of industrial practice seminars. The R2 value in the simple regression analysis shows that communication skills have the most positive effect, namely 19%, creative thinking skills have a positive effect of 17.1%, applied academic skills have a positive effect of 14.5%, technology use skills have a positive effect of 10.9%, and critical thinking skills with the lowest positive effect of 10.6%. These five variables have a positive effect on job readiness in the fashion industry by 44.6%.
SISTEM KENDALI HEMAT ENERGI PADA GEDUNG BERTINGKAT BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT) Yunus Tjandi; Zulhajji Zulhajji
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.695 KB)

Abstract

Hampir keseluruhan struktur penyangga kehidupan modern terkait dengan energi listrik. Kenyataan dilapangan menggambarkan masih banyak penggunaan energi listrik yang kurang tepat sasaran, hal mana banyak menimbulkan kecelakaan Hubung Pendek. Untuk mencegah hal tersebut, diperlukan pengetahuan listrik yang baik dan benar serta harus ditambahkan dengan penggunaan sistem kendaliyang berbasis Internet of Things yang hemat energi serta berfungsi untuk mengamankan Gedung tersebut beserta isinya. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) membuat Perangkat Lunak Sistem Kendali Hemat Energi Berbasis Internet Of Things (IoT) yang berfungsi untuk mengendalikan penggunaan energi listrik pada Gedung Bertingkat dengan menggunakan Smartphone, 2) menghasilkanPerangkat Sistem Kendali Hemat Energi dengan menggunakan perangkat lunak yang telah dibuat, 3) membuat Interface dan Aplikasi perangkat sistem kendali hemat energi berbasis Internet of Things (IoT) dengan bantuan smartphone yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat listrik pada Gedung bertingkat, baik dari jarak dekat, maupun dari jarak jauh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dengan pakar kendali, teknik literatur, dan teknik pengukuran langsung terhadap perangkat kendali yang digunakan. Metodeanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode-logic, berdasarkan sistem kendali berbasis Internet of Things (IoT) menggunakan Smartphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perangkat Lunak Sistem Kendali Hemat Energi Berbasis Internet Of Things (IoT) telah berfungsi dengan baik, hal ini dibuktikan dengan berfungsinya  semua sistem kendali, baik pada sistem pengaman(MCB), maupun untuk berbagai beban yang dikendalikan, 2) Perangkat Sistem Kendali Hemat Energi berbasis Internet Of Things yang dibuatuntuk mengendalikan perangkat peralatan, telah berfungsi dengan baik, hal ini telah dibuktikan pada uji coba penelitian dengan menggunakan Smartphone, 3). Interface dan Aplikasi Sistem Kendali berbasis Internet Of Things yang dibuat telah berfungsi dengan baik, dan dapat mengendalikan perangkat peralatan listrik yang terdapat dalam suatu Gedung bertingkat.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE PADA PROGRAM STUDI S3 PENDIDIKAN VOKASI KETEKNIKAN DI PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Indah Melisa; Purnamawati Purnamawati; Abdul Muis Mappalotteng
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.673 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: a) Mendesain sistem informasi berbasis website pada Prodi S3 Pendidikan Vokasi Keteknikan PPs UNM, dan b) menghasilkan sistem informasi berbasis website yang Valid Praktis dan Efektif pada program Studi S3 Pendidikan Vokasi Keteknikan PPs UNM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D).) Prosedur penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yangmeliputi Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian ini memperoleh Sistem Informasiberbasis Website untuk diterapkan di Prodi S3 PVKT pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dan Terdapat Menu utama yaitu, Home, Profil, Dosen, Akademik, Alumni Berita, dan Jurnal Vokasi Keteknikan. Adapun hasil pengujian validitas yang dilakukan oleh 2 validator ahli Desain menunjukkan bahwa sistem informasi berbasis website yang dikembangkan termasuk pada kategori sangat valid (sangat layak) dan hasil uji coba responden dinyatakan sangat layak, dari hasil penelitian sistem informasi berbasis website yang dikembangkan memiliki kategori “sangat layak” untuk digunakan atau diimplementasikan pada Program Studi S3 Pendidikan Vokasi Keteknikan
ANALISIS PROGRAM LITERASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT PESERTA DIDIK DI SMK KOTA MAKASSAR Wirda Angraiani; Riana T.Mangesa; Abdul Muis Mappalotteng
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.682 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh program literasi sekolah dengan motivasi  peserta didik di SMK Negeri Kota Makassar, (2)  Pengaruh  program literasi sekolah  dengan minat peserta didik di SMK Negeri Kota Makassar (3) Pengaruh secara bersama-sama antara literasi sekolah, motivasi dan minat belajar di SMK Negeri Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMK Negeri Kota Makassar. kemudian di ambil sampel sebesar 101 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis dengan menguji normalitas data, liniearitas dan homogenitas. Analisis data yang dipakai berupa analisis regresi untuk menjawab rumusan masalah penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 50%. (2)  terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar memberikan kontribusi sebesar 81% . (3) terdapat pengaruh secara bersama-sama literasi sekolah, motivasi dan minat belajar di SMK Negeri Kota Makassar dengan memberikan kontribusi sebesar 81 %.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING, GAYA BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X DI SMK NEGERI 2 PINRANG Nur Syamsinar Munir; Hamsu Abdul Gani; Abdul Muis Mappalotteng
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.714 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan MediaPembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar; 2) Pengaruh Gaya Belajar terhadap Motivasi Belajar; 3) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa; 4) Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar; 5) Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan model analisis jalur (path analysis). Jumlah populasi sebesar 120 orang. Besar sampel berjumlah 89 orang ditarik secara random proporsional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar; (2) Terdapat pengaruh signifikan Gaya Belajar terhadap Motivasi Belajar; (3) Terdapat pengaruh signifikan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa; (4) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar; (5) Terdapat pengaruh signifikan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK NEGERI 3 PANGKEP Dian Ekawati Nur; Abdul Muis Mappalotteng; Syafiuddin Parenrengi
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 5, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1268.512 KB)

Abstract

The study aimed to discover 1) The influence of using google classroom learning media on learning outcomes in Computer and Basic Network subject at SMKN 3 Pangkep, 2) the influence of learning motivation on learning outcomes in Computer and Basic Network subject at SMKN 3 Pangkep, and 3) the influence of using google classroom learning media and learning motivation on learningoutcomes in Computer and Basic Network subject at SMKN 3 Pangkep. The research method used was ex-post facto research. The total population was 67 people. The sample size was 67 people because this study worked on the population. Data collection was conducted by using documentation and questionnaire. The prerequisite test used the normality test and linearity test. Hypothesis testing employed simple linear regression test and multiple linear regression.The results of the study reveal that: (1) students' perceptions on the use of google classroom learning media in Computer and Basic Network subject at SMKN 3 Pangkep are in "very good" category, (2) the students’ motivation in Computer and Basic Network subject at SMKN 3 Pangkep is in "very high"category, (3) the learning outcomes in Computer and Basic Network subject at SMKN 3 Pangkep are in "good" category, (4) there is an influence of using google classroom learning media on learning outcomes. The test results show that the Sig. F of 0.000 <0.05 with a contribution of 19.6%, (5) there is an influence of learning motivation on learning outcomes. The test results show that the Sig. F of 0.000 <0.05 with a contribution of 41.3%, and (6) there is an influence on the use of google classroom learning media and learning motivation collectively on learning outcomes. The test results show the value of Sig.F is 0.000 <0.05 with a contribution of 45.6%. Therefore, the research hypothesis is accepted.
ANALISIS KESESUAIAN KOMPETENSI LULUSAN SMK NEGERI 2 MAKASSAR DENGAN KEBUTUHAN DUNIA INDUSTRI Ninik Septyani; Syahrul Syahrul; Abdul Muis Mappalotteng
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.22 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui gambaran analisis kesesuaian kompetensi lulusan SMK Negeri 2 Makassar dengan kebutuhan dunia industri. Fokus dan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa di SMK Negeri 2 Makassar dan beberapa karyawan di setiap industri yang secara langsung terlibat dalam kegiatanPengambilan data dengan purposive sampling, dengan wawancara kepala sekolah, (2) guru keterampilan dan (4) siswa yang mengambil jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ) dan (8) Karyawan. Data hasil penelitian diperoleh dengan wawancara semi terstruktur dan dokumentasi terkait dengan segala proses pembelajaran dalam upaya pengembangan keterampilan bagi siswa.Menggunakan teknik analisis data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan akhir. Data hasil penelitian diperoleh dari seluruh jawaban informan dan hasil dokumentasi yang sesuai yaitu telah memenuhi spesifikasi skill yang memenuhi dalam berkarir atau bekerja pada industri tersebut sesuaidengan keterampilan yang didapatkan dalam proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan terlaksananya 70% pembelajaran praktek, dan 30% pembelajaran teori dan faktorfaktor yang mempengaruhi kesiapan kerja lulusan SMK Negeri 2 Makassar adalah minat, motivasi, lingkungan  pergaulan, dukungan keluarga, dan kurangnya kemampuan sosialisasi pada lingkungan baru dan kerap terjadinya perbedaan pendapat pada sesama anggota tim kemudian lulusan SMK juga kerap di perhadapkan dengan alat-alat teknologi baru yang secara umum belum dikuasai sehingga membutuhkan kerja sama dan membutuhkan waktu untuk belajar mengenal lebih dalam teknologi tersebut. Dan faktor lain yang menjadi kendala bagi lulusan SMK Negeri 2 Makassar meskipun memiliki kemampuan yang memadai tetapi pada setiap industri juga mengedepankan sinkronisasi antara skill dan tingkatan ijazah yang dimiliki setiap karyawan khususnya dalam hal kenaikan jabatan,hal tersebut yang mengakibatkan beberapa lulusan SMK Negeri 2 Makassar yang sudah lama bergabung di industri tersebut namun tidak mendapatkan kesempatan meningkatkan jenjang karir yang sesuai dengan masa pengabdian
ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH PERAWATAN WAJAH DAN TEKNOLOGI MAHASISWA KONSENTRASI TATA RIAS JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FT UNM Wilda Auliah Moh Nasir; Hamidah Suryani; Syamsidah Syamsidah
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (725.99 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran hasil belajar mata kuliah perawatan wajah dan teknologi mahasiswa konsentrasi tata rias; (2) untuk mengetahui gambaran motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perawatan wajah dan teknologi; (3) untuk mengetahui gambaran fasilitas belajar mahasiswa pada mata kuliah perawatan wajah dan teknologi; (4) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perawatan wajah dan teknologi; (5) untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perawatan wajah dan teknologi; dan (6) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perawatan wajah dan teknologi di jurusan PKK FT UNM. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dan teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling, maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar mata kuliah perawatan wajah dan teknologi berada pada kategori sangat tinggi; (2) Motivasi belajar mata kuliah perawatan wajah dan teknologi berada pada kategori tingg; (3) fasilitas belajar mata kuliah perawatan wajah dan teknologi berada pada kategori tinggi; (4) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah perawatan wajah dan teknologi; (5) fasilitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah perawatan wajah dan teknologi; (6) Secara bersama-sama motivasi, fasilitas belajara berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perawatan wajah dan teknologi di jurusan PKK FT UNM