UNM Journal of Technology and Vocational
Vol 6, No 2 (2022)

EVALUASI PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA SMK DI KOTA MAKASSAR

Hariati Hariati (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan)
Muhammad Yahya (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan)
Andi Muhammad Irfan (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk; (1) mengetahui pelaksanaan teaching factory pada SMK di Kota Makassar ditinjau dari komponen context, input, dan  process. (2) Mengetahui pelaksanaan teaching factory pada SMK di Kota Makassar ditinjau dari komponen product dilihat dari keterampilan dan motivasi berwirausaha siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan evaluasi dengan model context, input, process, product. Responden pada penelitian ini adalah tenaga pendidik dan peserta didik di SMK sejumlah 42 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen, observasi dan angket. Data dianalisis secara deskriptif presentase. Hasil Penilitian menunjukkan bahwa pelaksanaan teaching factory secara keseluruhan komponen CIPP dalam kategori sangat baik, yang mencakup: komponen context dalam kategori “sangat baik”, komponen input dalam kategori “sangat baik”, komponen process dalam kategori “sangat baik”, dan komponen product dalam kategori “Sangat baik”. Selanjutnya, pelaksanaan teaching factory efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan motivasi berwirausaha peserta  didik SMK di Kota Makassar 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within ...