UNM Journal of Technology and Vocational
Vol 6, No 1 (2022)

PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI MOODLE SELF HOSTED SEBAGAI E-LEARNING MANDIRI SEKOLAH DALAM MENUNJANG MODEL PEMBELAJRAN BLENDED LEARNING DI SMP NEGERI 1 PAJO

Rahmatul Rizki (Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)
Syahrul Syahrul (Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Portal e-learning berbasis Moodle Self-Hosted sebagai kelas maya untuk berbagai aktivitas seperti pengunggahan dan pengunduhan materi pelajaran, tugas, kuis, serta melakukan presensi dan konferensi video antara guru dan siswa. Sistem ini berbasis website yang terkoneksi dengan Moodle Mobile Apps pada sitem operasi Android dan iOS. Penelitian ini adalah penelitian Researce and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi sistem. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan portal e-learning Moodle Self-Hosted berbasis web dan mobile. (2) Hasil pengujian aplikasi menggunakan standar ISO 25010 pada aspek functional suitability, performance efficiency, compatibility dan portability memiliki berkualitas yang baik. (3) Portal e-learning Moodle Self-Hosted mendapatkan tanggapan yang sangat layak dari pengguna berdasarkan pengujian perangkat lunak menggunakan standar ISO 25010 pada aspek usability.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within ...