UNM Journal of Technology and Vocational
Vol 6, No 2 (2022)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SMK NEGERI 2 PINRANG

Andi Satriani (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan)
Syahrul Syahrul (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan)
Riana T. Mangesa (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran daring; (2) aktivitas belajar siswa pada penggunaan aplikasi pembelajaran daring; (3) respon siswa  terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Komputer dan jaringan SMK Negeri 2 Pinrang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ2 yang berjumlah 36 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penggunaan aplikasi pembelajaran daring mengalami peningkatan, begitupun dengan aktivitasnya. Adapun hasil respon siswa terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran daring mendapat respon positif. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi pembelajaran daring efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within ...