Tujuan penelitian untuk melihat efektivitas e-portofolio video untuk meningkatkan skill dan motivasi siswapelajaran desain grafis percetakan.Penilaian ialahsubsistem penting dalam pendidikan. Mengisyaratkan perlunya inovasi sesuai perkembangan IPTEK. E-Portofolio adalah perangkat lunak untuk menyajikanpenguasaan dan keterampilan siswa secara efektif, karena dapat menyimpan materi, gambar, audio dan video. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian ini adalah pre-experiment design menggunakan the one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket diberikan ke siswa dan guru, dengan angket ini penulis mendapatkan data tentang skill,motivasi siswa dan respon guru.Sampel penelitian kelas XI multimedia sebanyak 20 orang.Hasil penelitian terdapat peningkatan skill dalam bidang fotografi, persentase nilai rata-rata pre test adalah 43,36 % dan post test 85.45 % dari skor ideal 100. Analisis data menggunakan uji-T untuk melihat ketuntasan belajar siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan membuat e-portofolio video. Nilai rata-rata klasikal hasil belajar sebelum perlakuan 15 % dan sesudah perlakuan 90 %, dengan nilai signifikansi (Sig)<0, 05. Respon peserta didik persentase 91% kategori sangat baik. Motivasi siswa dengan persentase 76,14 % kategori baik. Sedangkan respon guru memiliki persentase 96 % menandakan bahwa guru memberikan tanggapan sangat baik pada penilaian e-portofolio video untuk di gunakan pada penilaian mata pelajaran desain grafis percetakan.
Copyrights © 2022