UNM Journal of Technology and Vocational
Vol 6, No 3 (2022)

PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA GURU

Siemze Joen (Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)
Purnamawati Purnamawati (Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)
Amiruddin Amiruddin (Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru di SMK Negeri 5 Gowa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistik serta analisis structural equation modeling partial least squares untuk menjawab hipotesis. Populasi pada penelitian ini semua guru SMK Negeri5 Gowa dan sampel penelitian berjumlah 51 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan sebesar 30,2% kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru; dan 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan sebesar 19,5% kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru. Penelitian ini menunjukkan peran motivasi kerja guru merupakan mediasi parsial. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah meningkatkan kinerja guru melalui peran motivasi kerja guru. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam menigkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 5 Gowa semakin baik. Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat berdampak signifikan terhadap kinerja guru dan motivasi kerja guru yang menghasilkan pertumbuhan dan pemberdayaan guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within ...