UNM Journal of Technology and Vocational
Vol 6, No 2 (2022)

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PRODUKTIF JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 5 GOWA PADA MASA COVID-19

Andi Rahmania Hair (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan)
Purnamawati Purnamawati (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan)
Hamsu Abdul Gani (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung hasil belajar produktif Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 5 Gowa pada masa covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 260 orang dan sampel penelitian berjumlah 96 orang yang ditentukan menggunakan teknik proposional random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen angket dalam bentuk google form yang disebarkan kepada peserta didik. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) menggunakan aplikasi IBM Amos 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan motivasi belajar terhadap penerapan pembelajaran daring. (2) Terdapat pengaruh positif secara langsung dan signifikan minat belajar terhadap penerapan pembelajaran daring. (3) Tidak terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan penerapan pembelajaran daring. (4) Terdapat pengaruh positif secara langsung dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil. (5) Terdapat pengaruh positif secara langsung dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar produktif. (6) Tidak terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui penerapan pembelajaran daring sebagai variabel intervening. (7) Tidak terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar melalui penerapan pembelajaran daring sebagai variabel intervening.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within ...