Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung hasil belajar produktif Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 5 Gowa pada masa covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 260 orang dan sampel penelitian berjumlah 96 orang yang ditentukan menggunakan teknik proposional random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen angket dalam bentuk google form yang disebarkan kepada peserta didik. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) menggunakan aplikasi IBM Amos 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan motivasi belajar terhadap penerapan pembelajaran daring. (2) Terdapat pengaruh positif secara langsung dan signifikan minat belajar terhadap penerapan pembelajaran daring. (3) Tidak terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan penerapan pembelajaran daring. (4) Terdapat pengaruh positif secara langsung dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil. (5) Terdapat pengaruh positif secara langsung dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar produktif. (6) Tidak terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui penerapan pembelajaran daring sebagai variabel intervening. (7) Tidak terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar melalui penerapan pembelajaran daring sebagai variabel intervening.
Copyrights © 2022