UNM Journal of Technology and Vocational
Vol 6, No 1 (2022)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI 1 LANGGUDU KABUPATEN BIMA

Nurbaya Nurbaya (Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)
Husain Syam (Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)
Patang Patang (Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah ada pengaruh pengetahuan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. (2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. (3) Apakah ada pengaruh sikap terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. (4) Apakah ada pengaruh keterampilan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. (5) Apakah ada pengaruh pengetahuan, motivasi belajar, sikap, keterampilan secara simultan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. Analisis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis desktiptif dengan Jenis penelitian Ex-post facto kuantitatif melalui pendekatan korelasional menggunakan metode survey dengan populasi seluruh siswa SMK Negeri 1 Langgudu Kabupaten Bima. Sampel penelitian ini terdiri dari 64 responden dari empat Jurusan perikanan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ProporsionalRandom Sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket (kuesioner) yang disebarkan secara langsung dan google form untuk menentukan variabel X (pengetahuan, motivasi belajar, sikap, keterampilan) dan variabel Y (kesiapan kerja). Menggunakan teknik analisis data Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif pengetahuan dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 80%. (2) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif motivasi belajar dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 72%. (3) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif sikap dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 72%. (4) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif keterampilan dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 74%. (5) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif kesiapan kerja siswa dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 73%. Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis bahwa pengetahuan, motivasi belajar, sikap, keterampilan terhadap kesiapan kerja bersifat positif sebesar 0,716. Pengaruh pengetahuan, motivasi belajar, sikap,keterampilan terhadap kesiapan kerja sebesar 51,3% sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diukur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within ...