Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2022): Oktober

Video Pembelajaran Menggunakan Model ADDIE pada Tematik Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Tesalonika (Unknown)
Desak Putu Parmiti (Unknown)
I Gde Wawan Sudatha (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Beberapa kegiatan pembelajaran tidak berjalan secara maksimal yang disebabkan karena guru kurang mampu mengembangkan media digital yang membantu meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan  video pembelajaran menggunakan model ADDIE pada tematik kelas III SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba yaitu 1 ahli materi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, dan 1 ahli media pembelajaran. Subjek uji coba yaitu siswa yang berjumlah 12. Metode pengumpulan data dengan pencatatan dokumen, kuesioner, dan wawancara. Instrument pengumpulan data berupa lembar pencatatan dokumen dan kuesionerTeknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian yang diberikan dari ahli materi pembelajaran yaitu 92% (sangat baik), ahli desain pembelajaran yaitu 92,72% (sangat baik), dan ahli media pembelajaran yaitu 90,77 (sangat baik). Hasil uji coba perorangan yaitu 91% (sangat baik) dan kelompok kecil yaitu 93,47% (sangat baik). Disimpulkan bahwa video pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran Tematik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...