Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan
Vol 1 No 3: Oktober (2022)

Kecemasan Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris

Andrian (STKIP An-nur Nad)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kecemasan berbahasa asing siswa SMA kelas Intermediate di Bimbingan Belajar Fast Learning Center. Terutama, dalam hal ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa yang dapat berkontribusi terhadap kecemasan di lingkungan belajar bahasa Inggris berdasarkan perspektif siswa. Metode yang digunakan dalam hal ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dua puluh siswa cemas dipilih sebagai peserta. Data dikumpulkan melalui naskah wawancara terstruktur dan observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbicara di depan kelas, masukan yang tidak dapat dipahami, kurangnya kosa kata, tata bahasa, pengucapan, ditertawakan oleh orang lain, kepercayaan siswa tentang bahasa Inggris, kurangnya persiapan, lingkungan, guru dan cara mengajar. Sepuluh faktor yang dapat menyebabkan kecemasan siswa dalam belajar bahasa Inggris.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ajpp

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan atau di singkat dengan (AJPP) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil-hasil penelitian terbaru, kajian literatur, review buku pada bidang ilmu Psikologi, konseling, pendidikan secara umum. Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan (Ajpp) terbit 3 (tiga) ...