cover
Contact Name
Ahmad Rustam
Contact Email
ahmad.rustam1988@gmail.com
Phone
+6285399507330
Journal Mail Official
ahmad.rustam1988@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bandara Haluoleo, Ambaipua, Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan
Published by Arden Jaya Publisher
ISSN : -     EISSN : 29638933     DOI : 10.57250
Core Subject : Education, Social,
Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan atau di singkat dengan (AJPP) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil-hasil penelitian terbaru, kajian literatur, review buku pada bidang ilmu Psikologi, konseling, pendidikan secara umum. Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan (Ajpp) terbit 3 (tiga) kali dalam setahun yaitu bulan Ferbruari, Juni, dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 63 Documents
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing di Kelas IV SD Negeri 2 Angata Anata Saputri; Kasmawati; Ahmad
Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan Vol 1 No 2: Juni (2022)
Publisher : Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.891 KB)

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan Model Pembelajaran Role Playing di Kelas IV SDN 2 Angata. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, mencakup: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV SD Negeri 2 Angata Kabupaten Konawe Selatan berjumlah 25 orang. Hasil penelitian ini adalah: (1) Rata-rata nilai peserta didik siklus I adalah 74,13 meningkat menjadi menjadi 82,86 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I adalah 64.00% (16 orang peserta didik), naik menjadi 88,00% (22 orang peserta didik) pada siklus II. (2) Persentase keberhasilan aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan 1 sebesar 79,46% dan pertemuan 2 sebersar 81,25%. Persentase keberhasilan aktivitas mengajar guru pada siklus II pertemuan 1 adalah 91,07% dan pertemuan 2 adalah sebesar 98,21%. (3) Persentase aktivitas belajar peserta didik siklus I pertemuan pertama adalah 79.17% dan pertemuan kedua sebesar 81.25%, siklus II pertemuan pertama sebesar 91.67% dan pertemuan kedua sebesar 97.92%. Kesimpulan penelitian ini adalah: Hasil Belajar PPKn Peserta didik Kelas IV SD Negeri 2 Angata Kabupaten Konawe Selatan dapat ditingkatkan dengan menerapkan model Pembelajaran Role Playing.
Penerapan Model Bermain Peran (Role Playing) pada Materi IPA untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 146 Wambarema Ariani Gusmiarni; La Sisi; Itsnain Alfajri Husain
Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan Vol 1 No 2: Juni (2022)
Publisher : Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (914.523 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran bermain peran (Role Playing) pada materi IPA di SD Negeri 146 Wambarema. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2021 di kelas IV SD Negeri 146 Wambarema Desa Wambarema Kecamatan Poleang Utara Kabupaten Bombana. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 146 Wambarema berjumlah 18 orang. Hasil penelitian ini adalah: (1) Rata-rata nilai peserta didik siklus I adalah 70.56 meningkat menjadi 81.11 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I adalah 61.11% (11 orang peserta didik), meningkat menjadi 88.89% (16 orang peserta didik) pada siklus II, (2) Persentase keberhasilan aktivitas belajar peserta didik siklus I pertempuan 1 mencapai 80%, meningkat menjadi 86.67% pada pertemuan 2. Meningkat lagi pada siklus II pertemuan 1 menjadi 93.33% dan pertemuan 2 mencapai 100%, (3) Persentase keberhasilan aktivitas mengajar guru siklus I pertempuan 1 mencapai 80%, meningkat menjadi 86.67% pada pertemuan 2, lalu meningkat lagi pada siklus II pertemuan 1 menjadi 93.33% dan pertemuan 2 mencapai 100%. Kesimpulan penelitian ini adalah: aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi IPA di kelas IV SDN 146 Wambarema dapat ditingkatkan dengan menggunakan model bermain peran (Role Playing). Kesimpulan itu diperoleh berdasarkan peningkatan hasil belajar peserta didik, peningkatan persentase keberhasilan aktivitas mengajar guru, dan peningkatan persentase keberhasilan aktivitas belajar peserta didik.
Improve Speaking Skills Through the Story Telling with Picture Method for IV Student of SD Negeri 7 Lasusua Sub-District District Kolaka Utara Besse Ayu Wahyunita
Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan Vol 1 No 2: Juni (2022)
Publisher : Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.066 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan aktivitas pembelajaran keterampilan berbicara, dan 2) meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode story telling with picture pada peserta didik kelas IV SD Negeri 7 Lasusua, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 7 Lasusua, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara yang berjumlah 17 peserta didik. Desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) reflleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini adalah: (1) tes, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif dengan pendekatan kualitatif digunakan untuk memberikan gambaran keterampilan berbicara peserta didik, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode story telling with picture. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode story telling with picture dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan keterampilan berbicara. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 14, kondisi awal 45% meningkat menjadi 59% dan peningkatan aktivitas mengajar guru pada siklus I sebesar 59%. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada siklus II sebesar 41,3, kondisi awal 45% meningkat menjadi 86,3% dan peningkatan aktivitas mengajar guru pada siklus II sebesar 27,3 pada siklus I 59% meningkat menjadi 86,3%. Hal ini menyebabkan keterampilan berbicara peserta didik meningkat. Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan metode story telling with picture pada siklus I sebesar 5, kondisi awal 63 meningkat menjadi 68. Peningkatan siklus II sebesar 15, pada kondisi awal 63 meningkat menjadi 78
The Effect of Family Attention on Learning Motivation of High Class Students in Hukaea Laea State Elementary School Ahmad Rustam; Dadiwati; Ashari Usman
Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan Vol 1 No 2: Juni (2022)
Publisher : Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (789.365 KB)

Abstract

The research problem formulations are: (1) Is there any effect of family attention on the learning motivation of high-class students at SD Negeri 145 Hukaea Laea, Bombana Regency? The purpose of this study was to determine the effect of family attention on the learning motivation of high-class students at SD Negeri 145 Hukaea Laea, Bombana Regency. The approach used in this research is a quantitative approach. The variables of this research are family attention as the independent variable (Variable X) and learning motivation as the dependent variable (Variable Y). The population of this study were all high-class students and parents at SD Negeri 145 Hukaea Laea, Bombana Regency, amounting to 65 people. The sampling technique used was total sampling so that the sample of this study was 65 students and 65 students' parents. The data analysis of this research used a simple linear regression analysis technique with the help of the SPSS program. The results of this study indicate that: The results of the regression analysis of the X variable against Y, obtained an R value of 0.988 and an R Square value of R Square 0.977, meaning that 97.70% of students' learning motivation in High School SD Negeri 145 Hukaea Laea is determined by family attention. , while 2.23% is determined by other variables. The conclusions of this study are: family attention has a positive and significant effect on the learning motivation of high school students at SD Negeri 145 Hukaea Laea, Bombana Regency. The higher the family's attention, the higher the learning motivation of the students of SD Negeri 145 Hukaea Laea, Bombana Regency, the higher the learning motivation.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 92 Kendari melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Hastia; Arna Juwairiyah; Sasmin
Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan Vol 1 No 2: Juni (2022)
Publisher : Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.738 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 92 Kendari dengan jumlah 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus tindakan. Masing-masing siklus terdiri dari; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran kooperatif Tipe Numbred Head Together (NHT). Hal ini dapat dilihat pada siklus I dari 30 peserta didik, 10 peserta didik atau 33,33% belum tuntas, dan 20 peserta didik atau 66,67% tuntas. Pada siklus II 4 orang atau 13,33% belum tuntas dan 26 orang atau 86,63% tuntas.
Pengaruh Metode Team Game Tournament terhadap Minat Belajar Matematika di SDIT Al Fatih Depok Nuki Pratiwi; Usrotun Makfiyah
Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan Vol 1 No 3: Oktober (2022)
Publisher : Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.447 KB)

Abstract

Minat belajar adalah bagian dalam sebuah proses pembelajaran yang sangat diharapkan oleh seorang guru untuk mengetahui kesukaan siswanya dalam proses pemberian  materi pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik metode Team Game Tournament selama proses kegiatan belajar mengajar dapat mempengaruhi minat belajar matematika siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini termasuk dalam pengertian kuantitatif. Peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap variabel yang ditentukan. Sumber penelitian adalah siswa kelas V SDIT Al Fatih Depok yang berjumlah 50 siswa. Dengan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Metode Team Game Turnament terhadap Minat belajar Matematika siswa pada mata pelajaran Matematika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan sig = 0,000< 0,05 dan F-hitung = 1238,668.
Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Afektif Biologi SMA Kelas XI IPA Ruth Megawati
Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan Vol 1 No 2: Juni (2022)
Publisher : Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (895.589 KB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses pengembangan instrumen dengan menggunakan langkah-langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Djaali dan Muljono. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian ranah afektif khususnya materi sistem pernapasan ditinjau dari segi kevalidan  dan kekonsistenan/reliabel. Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian ranah afektif yang valid dan reliabel. Produk  tersebut terdiri dari 2 komponen yaitu lembar penilaian self assesment (penilaian diri) berupa kuesioner skala Likert dan lembar penilaian afektif. Hasil yang diperoleh pada tahap ujicoba tersebut adalah instrumen penilaian ranah afektif yang valid dan reliabel. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis baik secara teoritis oleh ahli (expart judgment)  maupun berdasarkan analisis hasil ujicoba dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 16. Hasil analisis kevalidan secara teoritis oleh ahli (expart judgment)  berada pada kategori valid secara keseluruhan, dan hasil analisis reliabel secara teoritis dengan nilai percentage of agreement sebesar 87,5%. Selanjutnya analisis data hasil ujicoba didapatkan nilai kevalidan setiap aspek secara keseluruhan , dan nilai kekonsistenan/reliabilitas juga . Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, diharapkan kepada guru biologi dan calon peneliti lainnya agar dapat mengembangkan instrumen penilaian afektif dan psikomotorik pada materi-materi lain sehingga penilaian dapat dilakukan secara lebih menyeluruh.
Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di Tk Tahfidz Yarqi, Mustika Jaya, Kota Bekasi Sri Retno Handayani; Lia Kurniawaty
Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan Vol 1 No 3: Oktober (2022)
Publisher : Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.533 KB)

Abstract

Keberhasilan hidup seseorang 80% dipengaruhi oleh kecerdasan emosi (EQ) sedangkan 20% dipengaruhi oleh faktor dari kecerdasan kognitif atau daya pikir (IQ), begitu pentingnya memiliki kecerdasan emosi menjadikan alasan penulis untuk melakukan penelitian tentang meningkatkan kecerdasan emosi anak usia dini yang dilakukan melalui metode bercerita. Hal ini diperkuat dengan beberapa penelitian yang  menunjukkan hasil bahwa dengan metode bercerita mampu meningkatkan kecerdasan emosi anak usia dini. Melalui metode bercerita, anak usia dini akan mendapatkan pengalaman cerita baru yang mengandung pesan nilai-nilai moral yang berlaku di masyarakat. Adapun tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah bertujuan untuk mengkaji tentang pengaruh metode bercerita terhadap kecerdasan emosi anak usia dini usia 5-6 tahun di TK Tahfidz Yarqi, Mustika Jaya, Kota Bekasi. Metode penelitian ini  menggunakan metode kuantitatif expost facto, adapun populasi seluruh siswa yang ada di TK Tahfidz Yarqi, Mustika Jaya, Kota Bekasi, jumlah sampel 15 anak dari seluruh populasi dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengambilan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik uji validitas, uji reabilitas dan uji normalitas berdasarkan instrument yang sudah ditetapkan. Hasil dari analisis penelitian bahwa terdapat pengaruh positif antara metode bercerita dengan kecerdasan emosi anak usia dini. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode bercerita memberikan pengaruh sebesar 80% terhadap kecerdasan emosi, sedangkan sisanya 20% didapatkan dari faktor lain yang tidak diteliti.
Analisis Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD Supratman; Deti Sri Rahayu
Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan Vol 1 No 3: Oktober (2022)
Publisher : Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.843 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dari program pemerintah terkait dengan penguatan pendidikan karakter (PPK) di SD Negeri Bugangan 03 Watuliandu Kelurahan Watuliandu, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas terutama kelas VI, dan siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data yaitu observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat implementasi penguatan pendidikan karakter yang dijalankan sudah baik. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru dan siswa, diperkuat dengan hasil angket yang menunjukan empat nilai utama karakter dikriteriakan membudaya menunjukkan pelaksanaan penanaman nilai karakter sudah berjalan dengan baik. Serta hasil observasi oleh peneliti yang mendukung dua metode lainnya. Adanya pembiasaan yang dilakukan oleh sekolah baik dilaksanakan oleh guru maupun siswa. Program sekolah mendukung adanya penguatan pendidikan karakter. Hal tersebut dapat dilihat dalam proses pembelajaran, ekstrakulikuler, dan kegiatan sekolah lainnya.
Kecemasan Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris Andrian
Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan Vol 1 No 3: Oktober (2022)
Publisher : Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (937.822 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kecemasan berbahasa asing siswa SMA kelas Intermediate di Bimbingan Belajar Fast Learning Center. Terutama, dalam hal ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa yang dapat berkontribusi terhadap kecemasan di lingkungan belajar bahasa Inggris berdasarkan perspektif siswa. Metode yang digunakan dalam hal ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dua puluh siswa cemas dipilih sebagai peserta. Data dikumpulkan melalui naskah wawancara terstruktur dan observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbicara di depan kelas, masukan yang tidak dapat dipahami, kurangnya kosa kata, tata bahasa, pengucapan, ditertawakan oleh orang lain, kepercayaan siswa tentang bahasa Inggris, kurangnya persiapan, lingkungan, guru dan cara mengajar. Sepuluh faktor yang dapat menyebabkan kecemasan siswa dalam belajar bahasa Inggris.