Alhamra Jurnal Studi Islam
Alhamra, Volume 2, No. 2, Agustus 2021

Evaluasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Daring

Pangesti Gagat Wahyuningsih (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Sriyanto Sriyanto (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru PAI SMA Muhammadiyah Purbalingga dan guru PAI SMA Muhammadiyah sokaraja. Metode pengumpulan data berupa wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi guru PAI dalam pembelajaran daring adalah dilihat dari perolehan skor setiap indikator dari responden mayoritas memperoleh skor 4 dan dari 15 indikator soal dan berdasarkan analisis menggunakan parameter evaluasi guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran daring diperoleh skor total dari kedua responden adalah 55 dan 57 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil evaluasi guru PAI dalam pembelajaran daring menunjukan kriteria yang cukup efektif. Selanjutnya jika dilihat berdasarkan hasil penelitian dokumentasi dapat disimpulkan bahwa masih kurangnya tingkat profesionalitas guru PAI, dan kreatifitas guru PAI dalam tahap persiapan dan mengkreasikan media pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Alhamra

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Alhamra Jurnal Studi Islam memfokuskan pada kajian keislaman. Sedangkan scope: Pendidikan Agama Islam; Manajemen Pendidikan Islam; Pemikiran Agama Islam; Hukum Islam; Hukum Ekonomi Syariah; Ekonomi dan Bisnis Islam; Akuntansi dan Perbankan Syariah; Humaniora dan Politik Islam; Pemikiran Al-Quran dan ...