SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 6, No 3 (2022): September

AKTUALISASI INDUSTRI 4.0 DALAM RANGKA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL GURU PAUD

Anisa Zahwa Akbara (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

ABSTRAKPeningkatan literasi digital terhadap guru merupakan hal yang perlu dilakukan di era revolusi industri 4.0 saat ini. Semenjak pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap dunia pendidikan, tuntutan kompetensi digital guru karena adanya kebijakan pembelajaran secara daring menjadi sangat vital. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan digital guru PAUD melalui pelatihan pengoperasian aplikasi Zoom di PAUD Ceria Anak Bangsaku, Desa Jabon Mekar, Kecamatan Parung sebanyak 6 orang. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah pelatihan aplikasi Zoom yang dibagi menjadi 3 (tiga) tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil kegiatan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa literasi digital guru PAUD meningkat setelah diberi pelatihan yang dapat dilihat dari indikator pada tahapan evaluasi. Hasil evaluasi dari 6 guru PAUD yang terlibat menunjukkan bahwa 83% menjadi lebih tahu aplikasi Zoom dan cara pengoperasiannya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kegiatan ini berjalan sesuai dengan sasaran dan tujuan pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu peningkatan literasi digital pada guru PAUD. Kata kunci : peningkatan literasi digital; guru PAUD; aplikasi Zoom ABSTRACTIncreasing digital literacy for teachers is something that needs to be done in the current era of the industrial revolution 4.0. Because the Covid-19 pandemic has had an impact on the world of education, the need for digital teacher competence due to learning policies is very important. Therefore, this community service was carried out with the aim of increasing the digital skills of nursery school teachers through training on the operation of Zoom application at Ceria Anak Bangsaku (CAB) nursery school, Jabon Mekar Village, Parung District. The method applied in this activity was training. It was divided into 3 (three) stages: preparation, implementation, and evaluation. The results of the training showed that the digital literacy of CAB teachers increased after training had given. It was seen from the indicators at the evaluation stage. The evaluation results showed that 83% CAB teachers becoming more familiar with Zoom application and how operate it. Thus, this community service was in accordance with the objective of this activity which was increasing digital literacy for nursery school teachers. Keywords: digital literacy improvement; nursery school teacher; Zoom application

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...