SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 6, No 3 (2022): September

WORKSHOP TEKNOLOGI INFORMASI DALAM RANGKA PROMOSI SENI MANGKUNEGARAN

Alfonsa Maria Sofia Hapsari (Universitas Slamet Riyadi)
Tigus Juni Betri (Universitas Slamet Riyadi)
Della Arinta Putri (Universitas Slamet Riyadi)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2022

Abstract

ABSTRAKAkademi Seni Mangkunegaran Surakarta atau disebut ASGA adalah kampus vokasi seni yang berada di Istana Mangkunegaran Surakarta. Keberadaan mereka tidak banyak diakui di masyarakat sekitar karena salah satunya adalah ketiadaan teknologi informasi baik dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusianya. Para tenaga pengajar di lingkungan ASGA canggung dan kesulitan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dikarenakan latar belakang mereka sebagai praktisi seni murni yang sudah bertahun tahun mempertahankan prinsip originalitas seni Mangkunegaran. Hal tersebut membuat ASGA makin sulit dikenal di masyarakat sehingga bisa berakibat buruk yaitu tergerusnya seni asli Mangkunegaran Surakarta. Metode yang digunakan adalah dengan memperkenalkan media teknologi informasi dan bagaimana mengembangkannya. Hasil dari kegiatan ini adalah civitas akademika memahami dan memiliki media teknologi informasi untuk kepentingan promosi Mangkunegaran. Kata kunci: mangkunegaran; seni; teknologi informasi ABSTRACTThe Mangkunegaran Art Academy of Surakarta (ASGA) is an arts vocational campus located at the Mangkunegaran Palace of Surakarta. Their existence is not widely recognized in the surrounding community because one of them is the absence of information technology both in terms of infrastructure and human resources. The teaching staff in the ASGA environment are awkward and have difficulty adapting to the development of information technology due to their background as pure arts practitioners who have for years maintained the principle of originality of Mangkunegaran art. This makes ASGA increasingly difficult to recognize in the community so that it can have a bad effect, namely the erosion of the art of Mangkunegaran Surakarta. The method used is to introduce the media and how to develop it. The result of this activity is that the academic community understands and has information technology media for the promotion of Mangkunegaran.                                                                                                 Keywords: mangkunegara; art; information technology

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...