Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu untuk mengetahui gambaran pengelolaan emosi pada anak usia dini di kota Parepare, untuk mengetahui landasan operasional implementasi pengelolaan emosi pada anak usia dini di kota Parepare dan untuk mengetahui evaluasi implementasi pelatihan pengelolaan emosi pada anak usia dini di kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis-Design- Development-Implementation-Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pelaksanaan pengelolaan emosi pada anak usia dini di Kota Parepare yang diterapkan saat ini ditemukan guru PAUD masih kesulitan dalam mengembangakan aspek emosi anak. Penelitian ini memformulasikan landasan operasional implementasi pelaksanaan pengelolaan emosi dengan membuat desain pelatihan dan modul. Evaluasi implementasi pengelolaan emosi anak usia dini memenuhi kriteria keefektifan yang ditunjukkan dari hasil Angket Respon Guru.
Copyrights © 2022