Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO
Vol 5, No 2 (2022): Edisi Juli 2022

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DENGAN PERMAINAN BOWLING PADA KELOMPOK B1 TK BARAKATI KENDARI

Mimi Lestari (Universitas Halu Oleo)
Muh. Safiudin Saranani (Universitas Halu Oleo)
Asmuddin Asmuddin (Universitas Halu Oleo)
Muhtar Asshagab (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dengan permainan bowling pada anak diĀ  kelompok B1 TK Barakati Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B1 TK Barakati Kendari yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada tindakan siklus I hasil observasi kegiatan mengajar guru sebesar 81,82% atau 9 dari 11 aspek yang tercapai dan hasil observasi belajar anak sebesar 81,82% atau 9 dari 11 aspek yang tercapai. Sedangkan persentase keberhasilan klasikal anak sebesar 73,33% dengan rata-rata perolehan nilai anak yaitu 2,81 atau Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sedangkan pada siklus II hasil observasi kegiatan mengajar guru yang tercapai sebanyak 10 dari 11 aspek atau sebesar 90.91%, hasil observasi belajar anak sebesar 90,91% atau 10 dari 11 aspek yang tercapai. Sedangkan hasil persentase keberhasilan klasikal anak sebesar 86,67% dengan rata-rata perolehan nilai anak yaitu 3,50 atau Berkembang Sangat Baik (BSB). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar dapat ditingkatkan dengan menggunakan permainan bowling pada kelompok B1 TK Barakati Kendari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RGAP

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Fokus dan Scope Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO memuat artikel hasil penelitian pada bidang PAUD yang meliputi kurikulum PAUD, perkembangan anak usia dini, manajemen pendidikan PAUD, bahan ajar PAUD, media pembelajaran PAUD, penilaian pembelajaran PAUD, strategi/ model/ metode/ pendekatan/ teknik ...