Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 6 No 2 (2022): Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Penerapan Evaluasi Model Kirkpatrick Terhadap Hasil Dan Dampak Pada Program Kursus Hantaran Di LKP Parcelia Jember

Bibi Ekawati (Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember)
Arief Tukiman Hendrawijaya (Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember)
Frimha Purnamawati (Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Evaluasi model Kirkpatrick merupakan sebuah upaya dalam menganalisis secara detail dalam mengetahui kemampuan keterampilan dan dampak peserta didik dalam mengikuti program kursus hantaran yang diselenggarakan oleh LKP Parcelia Jember. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan penerapan evaluasi model Kirkpatrick pada program kursus hantaran yang diselenggarakan oleh LKP Parcelia Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian menggunakan teknik purposive area. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis data interaktif Model Mile and Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Pada penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data yaitu peningkatan ketekunan, perpanjangan penelitian, dan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan evaluasi yang dilakukan oleh pihak LKP Parcelia menghasilkan beberapa peningkatan dalam upaya memenuhi tingkat kualitas pada peserta didik dalam program kursus hantaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLC

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal accepts article submissions from worldwide scholars, authors, and novice researchers in (but not limited to) the following area of studies: 1. Adult and Continuing Education 2.Training dan Human Resource Development 3. Community Empowerment 4. Parenting Education 5. Innovation in ...