Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan deskrptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan motivasi dengan kemampuan numerik pada mata kuliah metode numerik. Subjek dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa program studi pendidikan matematika semester V yang mengontrak mata kuliah metode numerik yang berjumlah 17 orang. Instrumen penelitian dilakukan dengan angket motivasi belajar dan tes kemampuan numerik mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan uji korelasi, uji koefisien determinan dan uji signifikansi data dengan bantuan Program SPSS Statistic 24. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Motivasi belajar mempunyai kontribusi terhadap variabel kemampuan numerik mahasiswa dan menunjukan hubungan searah dan pengaruh tidak signifikan yaitu 0,805. (2) Kemampuan numerik mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh program studi pendidikan matematika Semester V yaitu sebesar 18,75% sedangkan sisanya sebesar 81,25 % dipengaruhi faktor lain. (3) Hubungan antara motivasi belajar terhadap kemampuan numerik mahasiswa masih tergolong rendah yaitu 0,204
Copyrights © 2021