cover
Contact Name
Desrianti Sahida
Contact Email
dessabki14@gmail.com
Phone
+6281338860310
Journal Mail Official
dessabki14@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perintis Depati Parbo. RT. 001/000. Desa Pendung Hiang. Kecamatan Tanah Kampung. Kota Sungai Penuh. Provinsi Jambi
Location
Kota sungai penuh,
Jambi
INDONESIA
Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27158861     DOI : https://doi.org/10.47827/jer
EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya yang berupa artikel hasil penelitian ataupun penelitian terapan, artikel telaah yang berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan proses pembelajaran. Informasi mengenai pedoman penulisan artikel dan prosedur pengiriman artikel terdapat pada setiap penerbitan. Semua artikel yang masuk akan melalui ‘peer-review process’ setelah memenuhi persyaratan sesuai pedoman penulisan artikel. Penerbitan jurnal ini dilakukan sebanyak tiga bulan sekali yaitu pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember.
Articles 100 Documents
UPAYA MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING TYPE MASTER DI KELAS V MI 27/E3 KERINCI Hidayati
EDU RESEARCH Vol 1 No 1 (2019): EDU RESEARCH
Publisher : Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.179 KB) | DOI: 10.47827/vol1iss1pp21-32

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sikap ilmiah murid dengan kategori rendah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar murid kelas I MI 27/E3 Kerinci, yang disebabkan oleh proses pembelajaran di kelas tersebut berjalan lamban karena kurangnya kemampuan murid dalam menyerap serta memahami informasi baru, dan sulit mempertahankan informasi yang sudah didapat. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan upaya dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning yang dapat menghasilkan penyerapan informasi dan pemahaman yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar Bahasa Indonesia murid. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning. Subjek penelitian ini adalah murid kelas I MI 27/E3 Kerinci, dengan jumlah murid 22 orang. Waktu pelaksanaan semester I tahun ajaran 2019/2020.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar bahasa Indonesia murid pada tiap siklus. Peningkatan sikap ilmiah murid terlihat dari rata-rata persentase sikap ilmiah murid pada tiap siklusnya, di siklus I rata-rata persentase sikap ilmiah murid sebesar 62,2%, di siklus II meningkat menjadi 71,8%, di siklus III mencapai 81,3%. Selain sikap ilmiah, rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia murid dan jumlah murid yang tuntas juga meningkat pada setiap siklusnya, siklus I nilai rata-rata murid sebesar 63,64 dengan jumlah murid yang tuntas sebanyak 7 orang, meningkat pada siklus II menjadi 70,45 nilai rata-rata murid dengan jumlah murid yang tuntas sebanyak 10 orang, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 83,52 nilai rata-rata murid dengan jumlah murid yang tuntas sebanyak 19 orang.
PERSEPSI GURU MATA PELAJARAN IPS SDN 100/III SEBUKAR TERHADAP IMPLEMENTASI KTSP DAN K13 Geri Purnama
EDU RESEARCH Vol 1 No 1 (2019): EDU RESEARCH
Publisher : Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.38 KB) | DOI: 10.47827/vol1iss1pp33-37

Abstract

Merujuk pada tujuan bangsa indonesia yang tercantum dalam UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan kata lain pendidikan merupakan ujung tombak untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Bangsa akan menjadi maju apabila memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas atau bermutu tinggi. Adapun mutu bangsa dikemudian hari tergantung pada pendidikan yang diberikan generasi masa kini, terutama melalui pendidikan formal yang diterima disekolah. Pendidikan merupakan suatu proses yang kompleks dan berjangka panjang, dimana berbagai aspek yang tercakup dalam proses saling erat berkaiatan satu sama lain dan bermuara pada terwujudnya manusia yang memiliki nilai hidup, pengetahuan hidup dan keterampilan hidup. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi guru mata pelajaran IPS mengenai implementasi KTSP dan K13. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian deskripsi kualitatif, teknik pemerolehan data yaitu dengan melakukan wawancara.
VALIDITAS HANDOUT BERBENTUK KOMIK FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK Desrianti Sahida
EDU RESEARCH Vol 1 No 1 (2019): EDU RESEARCH
Publisher : Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.364 KB) | DOI: 10.47827/vol1iss1pp12-20

Abstract

Mengacu kepada UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 tentang usaha sadar dan terencana seorang guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi, usaha yang bisa dilakukan adalah mengembangkan handout berbentuk komik fisika yang valid sebagai inovasi bahan ajar dalam upaya mengembangkan potensi peserta didik berupa keterampilan berpikir kreatif, sehingga penyajian materi dan tugas dalam handout berbentuk komik fisika sesuai dengan sintak problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan handout berbentuk komik berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dan mengetahui kriteria validitasnya. Jenis penelitian adalah research and development dengan model pengembangan Four-D. Validitas Handout berbentu komik diperoleh dari hasil validasi menggunakan lembar validasi ahli oleh 3 orang ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi handout berbentuk komik mendapat nilai 86,4% dengan kriteria valid, validitas konstruksi mendapat nilai 90,1% dengan kriteria valid, dan validitas bahasa 91,6% dengan kriteria valid. Handout berbentuk komik fisika berbasis problem based learning berhasil dikembangkan dengan kriteria validitas valid diharapkan dapat menjadi bahan ajar yang bermutu dan inovatif untuk membantu meningkatkan ketermpilan berpikir kreatif peserta didik.
KONTRIBUSI KELINCAHAN DAN KELENTUKAN DALAM OLAHRAGA SEPAK BOLA TERHADAP HASIL BELAJAR PENJASKES MURID KELAS I SDN 37 SUNGAI PENUH Anggil Jufinda
EDU RESEARCH Vol 1 No 1 (2019): EDU RESEARCH
Publisher : Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.731 KB) | DOI: 10.47827/vol1iss1pp38-49

Abstract

Merujuk kepada undang-undang no 3 tahun 2005 pasal 27 ayat 4 penelitian ini bertujuan untuk seberapa besar kontribusi kelincahan dan kelentukan terhadap hasil belajar penjaskes murid kelas 1 SDN 37 Sungai Penuh. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid SDN 37 Sungai Penuh sebanyak 149 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dimana dalam penelitian ini adalah murid kelas 1 saja yaitu yang berjumlah 25 orang. Analisa data dilakukan dengan cara menggunakan korelasi product moment dan dilanjutkan uji kontribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; tidak terdapat kontribusi antarakelincahan terhadap hasil belajar, diperoleh sumbangan 4% dan hubungan rhit 0.20 < rtab 0.404 (hubungannya lemah)/ tidak signifikan, terdapat kontribusi antarakelentukan terhadap hasil belajar murid SDN 37 Sungai Penuh diperoleh sumbangan 2.52% dan hubungan rhit 0.16 < rtab 0.404 (hubungannya lemah)/ tidak signifikan , dan terdapat kontribusi antarakelincahan dengan kelentukan secara bersama-sama terhadap hasil belajar diperoleh sumbangan 34.81%. Di sarankan kepada guru olahraga untuk memperhatikan faktor kelincahan dan kelentukan tersebut
KAJIAN KOHESI DAN KOHERENSI DALAM KARANGAN NARASI INFORMATIF SISWA KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 1 KERINCI Nelvia Susmita
EDU RESEARCH Vol 1 No 1 (2019): EDU RESEARCH
Publisher : Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.169 KB) | DOI: 10.47827/vol1iss1pp1-11

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kerinci, diketahui bahwa siswa bisa menuangkan ide atau gagasannya dalam bentuk karangan narasi, hanya saja karangan yang dihasilkan belum sepenuhnya bisa dikatakan karangan yang utuh dikarenakan siswa tidak memperhatikan kepaduan unsur bahasa dalam karangannya, sehingga tulisan menjadi tidak kohesif dan koherensif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis penanda kohesi dan koherensi yang terdapat dalam karangan narasi informatif siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Kerinci. Teori yang dijadikan landasan untuk menganalisis kohesi dan koherensi dalam penelitian ini adalah yang dikemukakan oleh Tarigan (2009), Kasupardi, dkk (2010), Meleong (2017), Chaer (2014), Dalman (2015), dan Burhan (2010). Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 sedangkan data berupa karangan narasi informatif karya siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen pengumpulan data berupa observasi dan tes mengarang, serta instrumen analisis data berupa peneliti sendiri. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Jenis penanda terdiri atas penanda kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Kohesi gramatikal terdiri atas referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi. Jenis penanda kohesi leksikal terdiri atas reiterasi (repetisi, sinonim, hiponim, dan ekuivalensi), kolokasi, dan antonim. (2) Jenis penanda koherensi terdiri atas penanda koherensi hubungan sebab-akibat, hubungan sarana-hasil, hubungan sarana-tujuan, hubungan latar-kesimpulan, hubungan kelonggaran-hasil, hubungan syarat-hasil, hubungan parafrastis, hubungan aditif (simultan dan berurutan), hubungan identifikasi, dan hubungan generik-spesifik.
VALIDITAS HANDOUT FISIKA BERBENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL PESERTA DIDIK KELAS X SMA Okta Alpindo
EDU RESEARCH Vol 1 No 2 (2020): EDU RESEARCH
Publisher : Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (809.167 KB) | DOI: 10.47827/vol1iss2pp1-10

Abstract

Suatu bahan ajar dapat dikatakan baik apabila berkualitas. Salah satu kriteria dari bahan ajar yang berkualitas adalah kevalidan. Valid atau tidaknya suatu bahan ajar dinilai oleh ahli atau pakar dibidang tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas handout fisika multimedia interaktif dalam model discovery learning untuk meningkatkan critical thinking skill peserta didik kelas X SMA. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan Reeves Model. Pada model pengembangan Reeves validasi berada pada fase pengujian berulang dan perbaikan (iterative testing and refinements). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa angket validasi dari handout multimedia interaktif yang dikembangkan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik analisis data validasi menggunakan persamaan Aiken’s V. Handout multimedia interaktif dapat dikatakan valid jika nilai V ≥ 0,6. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh handout multimedia interaktif dalam model discovery learning untuk meningkatkan critical thinking skill peserta didik kelas X SMA yang valid
PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM KELAS V SD Syurmiati
EDU RESEARCH Vol 1 No 2 (2020): EDU RESEARCH
Publisher : Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560.594 KB) | DOI: 10.47827/vol1iss2pp11-19

Abstract

Pembelajaran Agama Islam bertujuan untuk membuat peserta didik dapat belajar, butuh belajar, terdorong belajar, mau belajar dan tertarik untuk terus menerus mempelajari agama islam, baik untuk mengetahui bagaimana cara beragama maupun mempelajari cara beragama yang benar sebagai pengetahuan. Untuk mencapai tujuan tersebut khususnya membentuk kemampuan pemecahan masalah, seorang guru dituntut untuk mempersiapkan dan membantu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah terutama dalam pembelajaran Agama Islam.Keterampilan pemecahan masalah adalah keterampilan individu dalam menggunakan proses berpikirnya untuk memecahkan masalah. Keterampilan pemecahan masalah sangat dibutuhkan dalam menghadapi berbagai situasi baik dalam kehidupan sehari-hari dan pekerjaan. Dalam teknik penelitian data ini menggunakan Tes, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN 15 Sikumbang terkait indikator yang pertama pemahaman masalah, kedua merencanakan cara penyelesaiannya, ketiga melaksanakan rencana, dan keempat menafsirkan hasil. Dari keempat indikator ini, terihat sebagian besar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sangat baik. Hal ini dilihat dari siswa yang telah memecahkan masalah sesuai dengan skala penilaian yang ditetapkan baik dalam kegiatan kelompok maupun dari hasil siswa dalam mengerjakan soal evaluasi. Selanjutnya, siswa sudah bisa menyebutkan dan menuliskan apa yang diketahui dan ditanya dari soal/masalah, serta produser atau langkah-langkah apa yang cocok untuk menyelesaikan masalah tersebut dan menuliskan kesimpulan dari pemecahan masalah yang sudah diselesaikan
UJI COBA START BLOCK BERBAHAN DASAR BAJA RINGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK KELAS VIII SMP Anggil Jufinda
EDU RESEARCH Vol 1 No 2 (2020): EDU RESEARCH
Publisher : Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.74 KB) | DOI: 10.47827/vol1iss2pp20-28

Abstract

Lari jarak pendek atau sprint adalah salah satu jenis lari yang dilakukan dengan kekuatan dan kecepatan penuh sepanjang garis lintasan dari start hingga finish dimana pemenangnya ditentukan berdasarkan catatan waktu yang paling singkat. Terdapat tiga jarak lintasan yang dilombakan pada lari jarak pendek, yaitu lari jarak 100 meter, 200 meter dan 400 meter. Start Block adalah alat bantu untuk melakukan start jongkok dalam perlombaan lari di cabang atletik khususnya lari jarak pendek. Karena terbatasnya alat yang dijual di pasar, sehingga menyebabkan kurangnya ketersediaan alat tersebut di sekolah, untuk itu dikembangkanlah start block berbahan dasar baja ringan sebagai media pembelajaran lari jarak pendek. Untuk menentukan start block tersebut dapat digunakan atau tidak, sehingga dilakukan uji coba. Hasil ujicoba start block tersebut adalah sehingga dapat disimpulkan bahwa start block dapat digunakan sebagai media pembelajaran lari jarak pendek
PRAKTIKALITAS HANDOUT BERBENTUK KOMIK FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK Desrianti Sahida
EDU RESEARCH Vol 1 No 2 (2020): EDU RESEARCH
Publisher : Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.519 KB) | DOI: 10.47827/vol1iss2pp29-34

Abstract

Usaha sadar dan terencana seorang guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi (UU Nomor 20 Tahun 2003), usaha yang bisa dilakukan adalah mengembangkan handout berbentuk komik fisika yang praktis sebagai inovasi bahan ajar dalam upaya mengembangkan potensi peserta didik berupa keterampilan berpikir kreatif, sehingga penyajian materi dan tugas dalam handout berbentuk komik fisika sesuai dengan sintak problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan handout berbentuk komik berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dan mengetahui kriteria praktikalitasnya. Jenis penelitian adalah research and development dengan model pengembangan Four-D. Rata-rata uji praktikalitas kelas ujicoba handout adalah 92% dengan kategori sangat praktis. Hasil nilai uji praktikalitas kelas penyebaran handout adalah 95,8% dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa handout yang dikembangkan dapat digunakan di dalam pembelajaran
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 KERINCI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Gusnidar
EDU RESEARCH Vol 1 No 2 (2020): EDU RESEARCH
Publisher : Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.958 KB) | DOI: 10.47827/vol1iss2pp35-40

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Flip Chart di kelas VII SMP Negeri 34 Kerinci. (2) Peningkatan pemahaman konsep matematis yang tidak diajarkan menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Flip Chart di kelas VII SMP Negeri 34 Kerinci. (3) Pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Flip. Desain penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan Desain Penelitian quasi experiment. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Sampel penilitian terdiri dari kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2,01 > 1,627 sehingga dapat disampaikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan media Flip Chart berpengaruh pada pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 34 Kerinci

Page 1 of 10 | Total Record : 100