Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 4, No 2 (2022): Agustus

Pengembangan E-Book Multimodal sebagai Bahan Ajar Interaktif dalam Pembelajaran Kimia

Munawwarah Munawwarah (Univeristas Negeri Makassar)
Jusniar Jusniar (Universitas Negeri Makassar)
Sumiati Side (Universitas Negeri Makassar)
Nurhayati Nurhayati (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2022

Abstract

Pengembangan berbagai bahan ajar dilakukan untuk mendukung proses pembelajaran agar berlangsung secara afektif. Bahan ajar yang tepat dibutuhkan agar aspek makroskopik, sub-mikroskopik, dan simbolik dapat disampaikan secara terpadu pada materi kimia. Pengembangan bahan ajar berupa e-book Interaktif ini dilakukan menggunakan metode 4STMD (Four Step Teaching Material Develoment). Bahan ajar yang telah dikembangkan menggunakan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi materi Elektrokimia. E-Book ini mengandung unsur multimodal yang menyampaikan aspek multipel representasi secara terpadu. Hasil validasi dan uji kepraktisan menunjukkan bahwa bahan ajar valid dan praktis digunakan baik pada guru maupun peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...