Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Agustus)

Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Tema 4 Subtema 1 kelas V SD

Sihayah, Agnes Fiqriatus (Unknown)
Wulan, Budhi Rahayu Sri (Unknown)
Dewi, Galuh Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Penggunaan model pembelajaran                                    merupakan           suatu kemasan pendidikan yang membuat     siswa mudah                memahami materi                               dan                         menyelesaikan masalah saat pembelajaran.                    Tujuan                   penelitian ini (1)  mengetahui pengaruh model pembelajaran TTW terhadap keterampilan berpikirvkreatif siswa kelas V SD (2) mengetahui respon siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran TTW terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SD (3)  mendeskripsikan bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran       TTW di kelas V SD.  Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif         dengan desain Pre- experimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan validasi ahli soal, observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan soal ppretest dan posttest. Rata-rata hasil berpikir kreatif siswa kelas eksperimen 83,75% dan kelas kontrol 65,41%. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai Pretest uji-t Dua Sampel Independent diperoleh nilai ?ℎ????? = 0.173 dan ?????? = 2.015 diketahui hasil perhitungan diperoleh - ?????? (2.015) ≤ ?ℎ????? (0.173) ≤ ?????? (2.015) disimpulkan bahwa ??  ditolak dan Hα diterima, artinya terdapat perbedaan nilai pretest dan pstest antar kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran TTW. Sehingga maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata keterampilan siswa antara pengaruh model pembelajaran TTW terhadap berpikir kreatif siswa, respon siswa terhadap model pembelajaran TTW sangat baik dengan nilai presentase rata-rata siswa 98%, aktivitas siswa saat pembelajaran terdapat                   perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen, kelas ekperimen dengan nilai rata-rata persentase 90,1% dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata persentase 80,4%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...