Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERBASIS PROYEK DI SMA, SMK, DAN MA DI KECAMATAN WERA

Nurfidah Nurfidah (STKIP Harapan Bima)
Rostati Rostati (Unknown)
Muhammad Yani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2022

Abstract

Kurikulum 2013, sebagai kurikulum yang berbasis pada kompetensi, semua kegiatan pembelajaran diarahkan pada pencapaian kompetensi pada ketiga ranah, yaitu ranah sikap, ranah, pengetahuan, dan ranah keterampilan. Guru masih mengalami kendala-kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik yaitu keterbatasan waktu, peserta didik, dan banyaknya rubrik penilaian. Penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa indonesia berbasis teks perlu ditinjau secara komprehensif, khususnya penerapan dalam proses pembelajaran menulis teks anekdot berbasis proyek. Oleh karena itu, yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran adalah sejauh mana capaian hasil belajar peserta didik (subjek-belajar). Berdasarkan hal itu pula, tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan penerapan penilaian autentik guru bahasa Indonesia SMA, SMK, dan MA di Kecamatan Wera dalam pembelajaran menulis teks anekdot berbasis proyek. Terkait dengan penelitian ini belum dilakukan oleh para peneliti dan belum ada hasil survei khususnya di Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengamati subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada. Lokasi penelitian ini pada SMAN 1 Wera dan SMKN 1 Wera dan MA Al-Faqih Wera, responden penelitian ini berjumlah lima belas responden diantaranya satu orang wakil kepala sekolah/wakil kurikulum, dua orang guru bahasa indonesia dan dua orang peserta didik masing-masing sekolah. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SMAN 1 Wera, SMKN 1 Wera dan MA Al-Fakih Wera bahwa guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis teks anekdot berbasis proyek yakni melakukan persiapan sebelum pelaksanaan penilaian autentik. Persiapan yang dilakukan yaitu dengan menyusun RPP, silabus, promes, prota, dan KKM selain itu juga membuat kisi-kisi berdasarkan standar kompetensi inti (KI) dan kompetensi standar (KD) menentukan tujuan tes, indikator, soal, dan penskoran yang digunakan penilaian yang dilakukan yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan pada setiap tahapan yakni pemodelan, kerjasama, dan kerja mandiri. Pelaksanaan penilaian autentik dilakukan secara menyeluruh dari mulai perencanaan pembelajaran sampai pelaporan proses pembelajaran. Sebagai keunggulan dari kurikulum 2013 penilaian autentik merupakan penilaian dari semua aspek. Berdasarkan hasil wawancara dengan informan bahwa telah melakukan perencanaan sebelum melaksanakan penilaian berdasarkan kisi-kisi yang telah disiapkan di dalam RPP sebagai acuan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang lebih terarah dan efektif. Penilaian autentik guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis teks anekdot berbasis proyek yakni melalui aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan tahapan pembelajaran pemodelan, kerjasama dan kerja mandiri melalui aspek kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.  Berdasarkan data yang didapat melalui wawancara dari responden terkait, serta hasil dari dokumentasi, dan hasil analisis dari observasi. Membuktikan bahwa guru- guru dalam melakukan pelaporan penilaian autentik khususnya dalam pembelajaran menulis teks anekdot berbasis proyek, dari ranah penilaian pengetahuan dalam teknis tes tulis, tes lisan, penugasan, dan penilaian keterampilan menggunakan teknik kinerja dan proyek. Secara keseluruhan penerapan penilaian autentik dapat melatih guru khususnya guru bahasa Indonesia karena penilaian autentik dapat mendorong kreativitas peserta didik, terutama dalam pembelajaran menulis teks berbasis proyek.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...