Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL:APAKAH ITU BERPENGARUH TERHADAP KARAKTER KERJA SAMA DAN MINAT BELAJAR SISWA?

Hasrullah Hasrullah (Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia)
Sitti Fithriani Saleh (Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Media Audio Visual terhadap Karakter Kerja Sama dan Minat Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Semu (Quasi Eksperimen) yang menggunakan desain Pretest Posttest Control Group Design yang memiliki kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik penelitian yang digunakan adalah Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V sekolah dasar di gugus IV kecamatan Polongbangkeng Utara yang berjumlah 113 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No 39 Centre Palleko sebanyak 27 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN No. 167 Inpres Malewang sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata karakter kerja sama untuk kelas eksperimen sebelum perlakuan yaitu 75.00, nilai rata-rata karakter kerja sama untuk kelas eksperimen setelah perlakuan yaitu 87.00. nilai rata-rata karakter kerja sama untuk kelas kontrol sebelum perlakuan yaitu 72.00, nilai rata-rata karakter kerja sama untuk kelas kontrol setelah perlakuan yaitu 81.00. sedangkan pada penerapan model pembelajaran VCT berbantuan audio visual terhadap minat belajar siswa diperoleh dengan nilai rata-rata nilai rata-rata minat belajar siswa pada kelas eksperimen sebelum perlakuan yaitu 76.00, nilai rata-rata minat belajar siswa untuk kelas eksperimen setelah perlakuan yaitu 88.00. nilai rata-rata minat belajar untuk kelas kontrol sebelum perlakuan yaitu 74.00, nilai rata-rata minat belajar untuk kelas kontrol setelah perlakuan yaitu 82.00. Hal ini membuktikan bahwa Penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan Audio Visual berpengaruh terhadap karakter kerja sama dan minat belajar siswa kelas V Gugus IV Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...