Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

PERILAKU ANOMI SISWA SEBAGAI AKIBAT ALIENASI DALAM PEMBELAJARAN DARING

Sarwono Sarwono (Universitas PGRI Madiun)
Sudarmiani Sudarmiani (Unknown)
Nurhadji Nugraha (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis perilaku anomi siswa sebagai dampak alienasi dalam menghadapi pembelajaran daring mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi fenomenologis dengan mendeskripsikian pemaknaan umum dari sejumlah siswa terhadap cara berfikir dan perilakunya terkait perilaku anomi dalam pembelajaran daring. Penelitian dilakukan pada kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sooko, Kabupaten Ponorogo mulai Oktober sampai Desember 2021. Teknik yang digunakan untuk menentukan subjek dalam penelitian ini adalah pusposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dalam menghadapi pembelajaran daring mengalami alienasi dari proses pembelajaran, dari tujuan–tujuan pembelajaran, teralienasi dari sesama siswa, dan siswa teralienasi dari potensi yang mereka miliki. Manifestasi dari gejala aliensi yang dialami siswa adalah rasa malas, berat, dan tidak mau tahu atau acuh terhadap proses pembelajaran daring. Akibatnya siswa mengalami keadaan anomie dalam bentuk penyimpangan sosial atau perilaku non konformis. Gejalanya muncul kehilangan harapan dan berfikir ingin berhenti sekolah. Mereka mengalami frustasi dan menganggap sarana dan kesempatan untuk belajar dan menggapai cita-cita sudah tertutup karena perilaku dan tindakan mereka sendiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...