Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan
Vol 10, No 2 (2022)

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SURVEILANS PROGRAM KESEHATAN IBU DAN ANAK BERBASIS DHIS2 (DISTRICT HEALTH INFORMATION SOFTWARE 2)

Marko Ferdian Salim (Dept. Layanan dan Informasi Kesehatan Sekolah Vokasi UGM)
M. Syairaji (Dept. Layanan dan Informasi Kesehatan Sekolah Vokasi UGM)
Annisa Maulida Ningtyas (Dept. Layanan dan Informasi Kesehatan Sekolah Vokasi UGM)
Rio Aditya Pratama (SIMKES FKKMK UGM)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Indonesia masih menetapkan bahwa masalah kesehatan ibu dan anak (KIA) sebagai program prioritas yang harus diselesaikan karena angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) belum memenuhi standar indikator. Sistem surveilans KIA belum terintegrasi sehingga data dan informasi yang dihasilkan juga belum bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung pengambilan keputusan terhadap masalah KIA. Tujuan penelitian ini yaitu merancang dan mengembangkan sistem informasi surveilans program KIA berbasis DHIS 2. Jenis penelitian adalah action research dengan mengikuti langkah-langkah protoyping dalam mengembangkan sistem informasi surveilans program KIA berbasis DHIS 2 (District Health Information Software 2). Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 - Februari 2020 di Puskesmas Kabupaten Kulon Progo. Subjek penelitian ini yaitu Petugas KIA Puskesmas sebanyak 6 orang yang ditentukan berdasarkan purposive sampling. Objek penelitian ini adalah sistem informasi surveilans KIA. Prototipe sistem informasi surveilans program KIA berbasis DHIS 2 telah melalui tahap identifikasi kebutuhan, desain sistem, implementasi, dan pengujian. Hasil uji coba sistem membuktikan bahwa pengguna dapat menerima sistem tersebut dan sistem berjalan dengan baik. Sistem informasi surveilans program KIA berbasis DHIS 2 sudah berhasil dikembangkan dan diterima oleh pengguna. Oleh karena itu, pihak puskesmas disarankan agar mengimplementasikan sistem ini dalam kegiatan surveilans KIA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

care

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan ISSN 2527-8487(online), ISSN 2089-4503(cetak), adalah jurnal peer-review yang menerbitkan artikel tentang praktik, teori, dan penelitian di semua bidang kesehatan dan keperawatan.Scope jurnal terdiri dari keperawatan,kesehatan,kesehatan ...