Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS dengan pendekatan Problem Based Learning pada kelas IV SDN Lenteng Agung 03. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berpikir kritis sudah menjadi salah satu kompetensi salah satu kompetensi dari tujuan pendidikan, bahkan menjadi sasaran yang ingin dicapai sekolah yang sudah menerapkan sistem (student centered). Model PBL sangat tepat untuk membantu peserta didik dalam memecahkan suatu masalah pada pembelajaran IPS (ilmu pengetahuan sosial) yang dapat dilihat saat pembelajaran dikelas di SDN 03 Lenteng Agung.profil siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis ditunjukan dengan sikap sebagai berikut: 1) mampu memfokuskan diri selama jam pelajaran berlangsung 2) mampu berkomunikasi dengan baik dengan teman sekelompoknya ataupun lawan bicaranya yang lain 3) suka mencari tahu kebenaran dengan meneliti ataupun mengkaji ulang informasi yang datang 4) menerima pendapat orang lain 5) mampu memecahkan masalah atau memberikan solusi terhadap masalah yang datang 6) memiliki keingintahuan yang tinggi pada sesuatu.Siswa mampu mengembangkan berpikir kritis
Copyrights © 2022