Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan
Vol 1, No 1 (2021): Juni

Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Menabung Di Kalangan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Jendral Soedirman dan Universitas Wijaya Kusuma)

Ayu Ramadhaning Tyas (Program Studi Manajemen S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Ika Yustina Rahmawati (Program Studi Manajemen S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sosialisasi orang tua, melek finansial, teman sebaya dan kontrol diri terhadap perilaku menabung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sejumlah 325 responden kepada mahasiswa di Purwokerto. Subyek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Jendral Soedirman dan Universitas Wijaya Kusuma. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda menggunakan data ordinal. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi orang tua, melek finansial, teman sebaya dan kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MASTER

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

MASTER: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian para peneliti (mahasiswa, dosen, praktisi) di bidang: Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Manajemen Perbankan Syariah, Manajemen Keuangan, dan ...