cover
Contact Name
Hermin Endratno
Contact Email
herminendratno@ump.ac.id
Phone
+6281804784150
Journal Mail Official
herminendratno@ump.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan, PO BOX 202 Purwokerto 53182 Kembaran, Banyumas, Jawa Tengah
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan
ISSN : -     EISSN : 27983994     DOI : http://dx.doi.org/10.30595/jmbt.v1i1.10401
Core Subject : Economy,
MASTER: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian para peneliti (mahasiswa, dosen, praktisi) di bidang: Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Manajemen Perbankan Syariah, Manajemen Keuangan, dan kewirausahaan.
Articles 25 Documents
Pengaruh Sikap Mandiri, Lingkungan Keluarga, Motivasi, dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi Purwokerto) Vyna Monicca Widiastuty; Tri Septin Muji Rahayu
Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan Vol 1, No 2 (2021): Desember
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jmbt.v1i2.12663

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap mandiri, lingkungan keluarga, motivasi, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di perguruan tinggi Purwokerto. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling didapatkan 130 mahasiswa yang menjadi sampel dan data diperoleh dari respondendengan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Metode analisis menggunakan analisisregresi linier berganda.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap mandiri berpengaruh positif dan signifikan, lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan, motivasi berpengaruh positif dan signifikan, dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.ABSTRACT This study aims to examine the effect of independent attitude, family environment, motivation, and entrepreneur knowledge towards interest of entrepreneurship. The populations in this study are University Students in Purwokerto. The selection of samples in this study was conducted by purposive sampling as many as 130 university students were used as samples. Data was obtained from respondents with research instruments by using a questionnaire. Based multiple linear regression analysis, the results of this study showed that independent attitude has positive and significant effects, family environment has positive and significant effects, motivation has positive and significant effects, and entrepreneur knowledge has positive and significant effects on entrepreneurship interests.
Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Menabung Di Kalangan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Jendral Soedirman dan Universitas Wijaya Kusuma) Ayu Ramadhaning Tyas; Ika Yustina Rahmawati
Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan Vol 1, No 1 (2021): Juni
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.812 KB) | DOI: 10.30595/jmbt.v1i1.10402

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sosialisasi orang tua, melek finansial, teman sebaya dan kontrol diri terhadap perilaku menabung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sejumlah 325 responden kepada mahasiswa di Purwokerto. Subyek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Jendral Soedirman dan Universitas Wijaya Kusuma. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda menggunakan data ordinal. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi orang tua, melek finansial, teman sebaya dan kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung.
Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Board Diversity, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 - 2020) Nina Setyasari; Ika Yustina Rahmawati; Naelati Naelati Tubastuvi; Yudhistira Pradhipta Aryoko
Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan Vol 2, No 1 (2022): Juni
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jmbt.v2i1.14046

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, board diversity, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan proposive sampling. Berdasarkan kriteria, didapatkan sebanyak 28 perusahaan dengan total sampel 140. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistic deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji kelayakan model, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara persial kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, board diversity tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. 
Does Corporate Social Responsibility, Corporate Governance And Profitability Affect Earnings Management? Evidence From Manufacturing Firms In Indonesia Florentina Cindy Finishtya; Sriniyati Sriniyati; Erlinda Nur Khasanah
Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan Vol 1, No 2 (2021): Desember
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jmbt.v1i2.12670

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menguji pengaruh corporate social responsibility, corporate governance, dan profitabilitas terhadap manajemen laba. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dari laporan tahunan perusahaan manufaktur dari tahun 2015 - 2019. Jumlah sampel terdiri dari 100 sampel. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan faktor lainnya; corporate governance dan profitabilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba. ABSTRACT This study examined the effect of corporate social responsibility, corporate governance, and profitability on earning management. The research method used in this study was a quantitative method. The data used in this study was secondary data taken from manufacturing firm’s annual report from 2015 - 2019. Total sample consisted of 100 samples. To test the hypotheses, this study used multiple regression analysis. This study found that corporate social responsibility has a positive and significantly influenced the earnings management, while other factors; the corporate governance and profitability had a negative and insignificant effect on earnings management.
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepuasan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Nasmoco Purwokerto Anggit Priyo Wicaksono; Alfato Yusnar Kharismasyah
Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan Vol 1, No 1 (2021): Juni
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.844 KB) | DOI: 10.30595/jmbt.v1i1.10408

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kecerdasan emosional, kepuasan kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini mengambil subyek di PT. Nasmoco Purwokerto Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan rumus slovin dengan jumlah sampel 121 orang. Teknik analisis data yang digunakan uji validitas, uji reabelbilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel kepuasan kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, budaya organisasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, kecerdasan emosional secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. serta kecerdasan emosional, kepuasan kerja dan budaya organisasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Modal Sendiri, Modal Pinjaman, Volume Usaha dan Jumlah Anggota Terhadap Sisa Hasil Usaha Koperasi di Kabupaten Gresik Rizky Dwi Ary Susanty; Rahmat Agus Santoso
Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan Vol 2, No 1 (2022): Juni
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jmbt.v2i1.13619

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh modal sendiri, modal pinjaman, volume usaha dan jumlah anggota terhadap Sisa Hasil Usaha koperasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitin ini adalah 315 koperasi yang melakukan dan melaporkan RAT secara konsisten tahun 2016-2020. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 22 koperasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modal sendiri berpengaruh positif signifikan terhadap SHU. Modal pinjaman berpengaruh negatif signifikan terhadap SHU. Volume usaha berpengaruh positif signifikan terhadap SHU. Jumlah anggota tidak berpengaruh signifikan terhadap SHU.
Strategi Pemasaran Pada PT. Prima Megah Irsa Wahyu Ilham Pradana; Sukaris Sukaris
Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan Vol 1, No 2 (2021): Desember
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jmbt.v1i2.12665

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi apakah yang diterapkan oleh PT. Prima Megah Irsa dalam meningkatkan penjualan jasa kontruksi. Penelitian ini dilakukan di PT. Prima Megah Irsa yang beralamatkan di  Jalan Krikilan No 146 Ds. Krikilan RT. 013 RW. 005 Kec. Driyorejo Kab. Gresik. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif.  Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer. Sedangkan pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) PT. Prima Megah Irsa memiliki strategi pemasaran yang sangat penting dalam meningkatkan volume penjualan produk jasa yang disediakan, 2) Strategi produk yang dijalankan oleh PT. Prima Megah Irsa mengfokuskan pada kualitas produk jasa dan proses pengerjaan proyek yang selesai sesuai dengan waktu yang ditetapkan, 3) Strategi harga yang ditawarkan oleh PT. Prima Megah Irsa merupakan harga yang ditawarkan sesuai dengan harga di pasar, 4) Strategi distribusi yang dilakukan oleh PT. Prima Megah Irsa merupakan sistem strategi distribusi langsung. Strategi langsung merupakan strategi yang bertujuan untuk melakukan pendekatan secara langsung kepada para calon pengguna jasa (klaen) baik secara formal maupun informal guna produk jasa yang ditawarkan perusahaan dapat berkembang dan dikenal lebih luas oleh perusahaan, 5) Strategi promosi dan komunikasi yang dilakukan oleh PT. Prima Megah Irsa yaitu dengan cara melakukan promosi secara langsung kepada para pengusaha kontraktor. Perusahaan juga menjalin komunikasi dengan para pengusaha kontraktor lainnya. Yang tujuannya produk jasa yang ditawarkan lebih dikenal oleh pasar dengan cara word of mouth.ABSTRACTThe purpose of this research is to find out what strategy is applied by PT. Prima Megah Irsa in increasing sales of construction services. This research was conducted at PT. Prima Megah Irsa whose address is at Jalan Krikilan No. 146 Ds. Krikilan RT. 013 RW. 005 District. Driyorejo Kab. Gresik. This type of research is descriptive qualitative. The data sources used in this study are primary data sources. While the data collection was carried out in this study using the methods of observation, interviews, and documentation. The results of this study can be concluded that 1) PT. Prima Megah Irsa has a very important marketing strategy in increasing the sales volume of the services provided, 2) the product strategy implemented by PT. Prima Megah Irsa focuses on the quality of service products and project work processes that are completed in accordance with the specified time, 3) the price strategy offered by PT. Prima Megah Irsa is the price offered in accordance with the price in the market, 4) distribution strategy carried out by PT. Prima Megah Irsa is a direct distribution strategy system. The direct strategy is a strategy that aims to make a direct approach to prospective service users (clients) both formally and informally so that the products and services offered by the company can develop and be known more widely by the company, 5) promotion and communication strategies carried out by PT. Prima Megah Irsa, namely by making promotions In addition, the company also establishes communication with other contractor entrepreneurs. The goal is that the products and services offered are better known by the market by word of mouth.
Pengaruh Endorsement Beauty Vlogger, Country Of Origin Dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Mascara Maybelline (Studi pada Mahasiswa di Beberapa Universitas di Purwokerto) Anggita Widianingsih; Herni Justiana Astuti
Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan Vol 1, No 1 (2021): Juni
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.322 KB) | DOI: 10.30595/jmbt.v1i1.10403

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh endorsement beauty vlogger, country of origin, dan perceived quality terhadap minat beli produk kosmetik mascara Maybelline. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data. Metode Purposive Sampling digunakan untuk memilih 90 sampel dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling pendekatan Partial Least Square. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa endorsement beauty vlogger, perceived quality berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli, country of origin berpengaruh positif signifikan terhadap perceived quality dan country of origin berpengaruh signifikan terhadap minat beli melalui perceived quality. Sedangkan country of origin tidak berpengaruh terhadap minat beli.
Pengaruh Modal Intelektual, Kinerja Keuangan, Struktur Modal, Kebijakan Dividen Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftardi Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2020) Refaldy Barry Saputra; Maulida Nurul Innayah; Wida Purwidianti; Restu Frida Utami
Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan Vol 2, No 1 (2022): Juni
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jmbt.v2i1.14091

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal intelektual, kinerja keuangan, struktur modal, kebijakan dividen dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 107 yang memenuhi kriteria. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kepemilikan institusionalberpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan serta modal intelektual, struktur modal dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Tax Planning, Solvabilitas, Nilai Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi Wisnu Haryo Pramudya; Slamet Herutono; Rahimah Rahimah
Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan Vol 1, No 2 (2021): Desember
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jmbt.v1i2.12671

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Tax Planning dan Solvabilitas terhadap Nilai Perusahaan dan menguji Ukuran Perusahaan apakah akan memperkuat pengaruh masing-masing variabel. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Tax Planning dan Solvabilitas. Kemudian variabel dependennya adalah nilai perusahaan. Penelitian ini juga menggunakan Ukuran Perusahaan sebagai variabel moderasi. Hipotesis yang akan dibuktikan dalam penelitian ini adalah Tax Planning tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Solvabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan tidak mampu memoderasi Tax Planning dengan Nilai Perusahaan, dan terakhir Ukuran Perusahaan mampu memperkuat pengaruh Solvabilitas dengan Nilai Perusahaan. Penelitian ini menggunakan MRA (Moderated Regression Analysis). MRA merupakan suatu bentuk regresi yang pada hakikatnya dirancang untuk mengetahui hubungan antara dua variabel yang dipengaruhi oleh variabel ketiga/moderator, suatu persamaan regresi yang mengandung unsur-unsur atau interaksi perkalian antara dua atau lebih variabel independen. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan real estate dan kontraktor yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil dari penelitian ini membuktikan seluruh hipotesis yang dibangun dapat diterima.AbstractThe purpose of this study are examine the effect of Tax Planning and Solvability on Firm Value and to test whether firm size will strengthen the influence of each variable. The independent variables in this study are Tax Planning and Solvability. Then the dependent variable is firm value. This study also using firm size as a moderating variable. The hypothesis that will be proven in this study is Tax Planning has no effect on Firm Value, Solvability has no effect on Firm Value, Firm Size could not moderate Tax Planning with Firm Value, and finally Firm Size could strengthen the effect of Solvability with Firm Value. This study using MRA (Moderated Regression Analysis). MRA is a form of regression which essentially designed to determine the relationship between two variables that influenced by a third/moderator variable, a regression equation consist of elements or multiplication interactions between two or more independent variables. The population of this study are all real estate companies and contractors listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2018-2020 period. The method of this sampling is purposive sampling. The results of this study prove that all hypotheses are acceptable.

Page 1 of 3 | Total Record : 25